Sukses

Makan Sebelum Dan Sesudah Olahraga

16 Dec 2016, 09:47 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter,saya mau tanya ideal nya kita makan itu brp jam sebelum olahraga ya? Selain itu, setelah kita olahraga sebaiknya kita boleh makan lg stlh brp jam ya? Krn saya plng kantor dan selesai olahraga sekitar jam 7an. Saya pernah coba stlh olahraga hanya makan 1 buah naga saja karena waktu itu sudah jam 8 malam tetapi besoknya saya sakit maag. Baiknya gmn ya dokter? Klo pun saya harus makan malem stlh olahraga jam 7 malam, baiknya mengkonsumsi apa ya? Terima kasih dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Makan sebelum atau setelah olahraga sebenarnya sama saja, semua tergantung dari kebiasaan anda,  yang penting adalah jenis makanan apa yang anda konsumsi, jenis olharaga yang anda lakukan serta durasi olahraga anda. 

Untuk makan sebelum olahraga ada beberapa kepentingan seperti : 

- Dapat menjadi "bahan bakar" untuk otot

- Menghilangkan rasa lapar

- mencegah hipoglikemia (gula darah rendah) 

- menanamkan pemikirian pada tubuh bahwa tubuh sudah terpenuhi bahan bakarnya untuk berolahraga 

Untuk diet sebelum makan yang anda perlukan adalah kabohidrat, protein, lemak, vitamin, dan air. Tiga sumber (kabohidrat, protein, lamak) dapat menggantikan sumber energi anda saat berolahraga. Pilih makanan buah dan sayuran. Makan 3 - 4 jam sebelum olahraga untuk makanan yang besar atau 2 - 3 jam sebelum olahraga untuk makanan kecil. Hindari makanan dengan tinggi lemak seperti daging merah, keju, kopi, minuman terlalu manis, burger, bacon. Sesuaikan makanan dengan durasi olahraga anda, jadi misalnya anda olahraga sejam, konsumsilah makanan yang mudah dicerna. 

Untuk makanan setelah olahraga : 

Untuk makanan setelah olahrag sebenarnya sangat efektif untuk orang yang paling tidak berokahraga 2 - 3 kali dalam seminggu. Ada penelitian yang mengatakan bahwa 15 - 60menit sesudah berolahraga merupakan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kabohidrat. KOnsumsilah jus-jus buah, susu, roti, dan air putih. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar