Sukses

Penanganan Luka Digigit Kucing

17 Dec 2016, 01:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hi Dok, Semalam saya terkena gigitan kucing peliharaan dirumah. Gigitan tsb membuat lengan saya tergores dan sedikit berdarah. Saya sudah olesi dengan alkohol dan saya segera bersihkan dengan sabun antiseptik. Apakah gigitan tsb dapat membuat lengan saya infeksi Dok? Obat apa yang dapat membunuh bakteri yang mungkin masih ada dalam luka yg saya alami? Please advise.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemberian suntikan vaksin dan serum anti rabies biasanya harus segera diberikan dengan kecurigaan tinggi bahwa binatang yang menggigit terkena rabies. Gejala hewan yang terkena rabies adalah hewan tersebut cenderung menyendiri dan bersembunyi di tempat gelap, tidak mau makan dan minum, sangat garang dan galak, mudah teriritasi, air liur terus menetes, meraung-raung atau dapat juga mengalami kelumpuhan.

Bila hewan yang menggigit tidak menunjukkan gejala yang jelas mengidap rabies maka yang perlu dilakukan adalah:

  1. Menanyakan kepada pemilik apakah hewan tersebut sudah disuntik rabies.

  2. Segera mencuci luka dengan sabun dan air bersih yang mengalir selama 15-20 menit untuk mencegah infeksi. Jika luka dangkal, rawat luka dengan obat antiseptik. Setelah itu bawalah ke dokter agar dokter dapat mengobservasi luka.

  3. Jika luka sangat dalam dan terjadi perdarahan aktif, tutuplah sumber perdarahan dengan kasa/kain dan segera bawa ke dokter.

  4. Observasi hewan dalam 7-10 hari.

  5. Jika dalam 7-10 hari, hewan menunjukkan gejala-gejala rabies sebaiknya orang yang digigit harus segera dibawa ke dokter.

Bagaimana dengan kondisi kucing yang telah menggigit Anda saat ini? Jika hewan yang menggigit Anda tidak menunjukkan gejala rabies maka Anda tidak perlu khawatir. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar