Sukses

Anus Panas dan Infeksi Menular Seksual

15 Dec 2016, 07:30 WIB
Pria, 33 tahun.

Slmt sore Dok, Saya 4 bulan lalu hub sex berisiko dgn wanita ( teman), tak kusangka 3 hari setelahnya penis saya keluar cairan susu via mulut uretra dan juga keluar di mulut uretra( lubang kecil), berkemih sakit . lalu saya ke dr umum untuk disuntik dibokong ( ofloaxacin 2 g) . setelah 3 hari setelahnya kencing saya udh ga sakit, yang masih saya keluhkan sampai saat ini: 1. mulut penis bengkak ( edema) dan lubang kecil masih membekas, bila dimilking keluar lendir bening (pekat) 2. anus panas ,( terutama saat duduk ) 3.kdang badan demam ringan daftar obt yg sudah saya konsumsi lewat beberapa dokter kulit kelamin : injeksi kanamisin (bokong), zeftrix (im) , ofloaxacin 400, levofloaxcin 500; doxycline 100 , cefixime 200 ; azithromycin 500 ,urotractin 400 thiamycin 500. pertanyaan saya: mengapa anus saya panas padahal saya tdk anal/homo sex, apa ada hub dengan gonore dan chlamydia? terima kasih, mohon pencerahannya dok.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Dari riwayat penyakit dan pengobatan yang Anda lakukan, kami menyimpulkan bahwa Anda mengalami infeksi menular seksual yang disebabkan oleh kuman Gonorrhea dan/atau Chlamdydia. Infeksi ini bisa terjadi salah satu saja atau kombinasi. Bila hingga kini masih ada sedikit gejala seperti demam ringan dan keluar lendir bening dari mulut penis, artinya kuman masih belum sepenuhnya hilang. Pertanyaan kami, apakah Anda masih melakukan hubungan intim dengan yang berisiko? Bila iya, sepertinya pasangan Anda perlu juga diobati, sebab pada wanita infeksi Gonorrhea dan Chlamydia sama sekali tidak bergejala. 

Mengenai anus yang terasa panas, selama tidak ada aktivitas anal seks, seharusnya kondisi tersebut tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual. Berikut adalah kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan anus terasa panas:

  • Fisura ani (robekan pada dinding anus, biasanya terjadi karena BAB yang keras)
  • Fistula anorektal (terdapat saluran abnormal antara anus dan rektum)
  • Nyeri pada tulang duduk
  • Konstipasi kronik
  • Diare kronik
  • Hemoroid/wasir/ambeien
  • Abses perianal
  • Inflammatory bowel disease seperti penyakit Crohn atau kolitis ulseratif

Mengenai keluhan anus yang terasa panas ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam agar dapat diketahui penyebab sesungguhnya, apakah memang ada hubungannya dengan infeksi menular seksual atau ini merupakan kondisi lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar