Sukses

Cara Hamil Pasca Kuret

15 Dec 2016, 06:14 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat Siang Dok, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan, Saya baru saja menjalankan operasi kuret pada bulan Juli 2016, baiknya untuk hamil lagi itu setelah berapa bulan?dan hal-hal apa saja yang perlu saya persiapkan untuk kehamilan berikutnya? Apakah saya perlu test kesuburan lagi?karena sampai saat ini saya belum hamil lagi...Terima kasih, mohon konfirmasinya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Prosedur kuret merupakan prosedur bedah di mana leher rahim dilebarkan sehingga dinding rahim dapat dibersihkan dari jaringan-jaringan abnormal. Kesuburan akan kembali segera setelah seluruh jaringan abnormal terangkat.

Agar bisa hamil, dibutuhkan sel sperma dan sel ovum yang sehat. Karena itu, baik pria dan wanita harus menjaga kondisi tubuhnya agar bisa menghasilkan sel sperma dan ovum yang baik. Berikut ini adalah kiat-kiat alami agar cepat hamil:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Bagaimana caranya untuk mengetahui waktu ovulasi Anda?

  • Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
  • Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.

Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Apabila masa subur sulit diperkirakan, hubungan intim dianjurkan setiap 2 hingga 3 hari untuk meningkatkan peluang hamil.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

  • Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu
  • Berhubungan intim setiap hari di masa subur
  • Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres
  • Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya  agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda
  • Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat

3. Hindari hal-hal berikut ini:

  • Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokter
  • Exercise yang berlebihan

4. Tingkatkan kualitas sperma dengan:

  • Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
  • Minum vitamin yang mengandung seng, kalsium, asam folat, vitamin C, D, dan E

5. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks

Mengenai tes kesuburan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan pemeriksaan hormon reproduksi seperti kadar progesteron dan estrogen, atau pemeriksaan Anti-Mullerian Hormone (AMH) untuk melihat apakah jumlah sel telur Anda sesuai dengan usia biologis Anda. Umumya pemeriksaan-pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER), sehingga kami anjurkan Anda melakukan pemeriksaan dengan beliau. Selain itu, dokter pun akan mengevaluasi ulang organ-organ reproduksi Anda melalui USG.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar