Sukses

Hubungan Atonia Uteri dengan Gemeli

13 Dec 2016, 18:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok ingin bertnya. Apa hubungannya atonia uteri dengan terjadinya kehamilan gameli, dan besar janin ? Mohon jawabannya dok. Makasih

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsulasi Klikdokter.com

Atonia Uteri didefinisikan sebagai suatu kondisi kegagalan uterus dalam berkontraksi dengan baik setelah persalinan, sedangkan atonia uteri juga didefinisikan sebagai tidak adanya kontraksi uterus segera setelah plasenta lahir. Sebagian besar perdarahan pada masa nifas (75-80%) adalah akibat adanya atonia uteri. Sebagaimana kita ketahui bahwa aliran darah uteroplasenta selama masa kehamilan adalah 500-800 ml/menit, sehingga bisa kita bayangkan ketika uterus itu tidak berkontraksi selama beberapa menit saja, maka akan menyebabkan kehilangan darah yang sangat banyak. Sedangkan volume darah manusia hanya berkisar 5-6 liter saja.

Pada gemeli (kehamilan kembar) dan juga janin besar, uterus (dinding rahim) teregang berlebihanm hal tersebut menyebabkan uterus tidak mampu segera berkontraksi sesaat setelah plasenta lahir. Penyebab lain dari atonia uteri adalah partus lama, kelahian lebih dari lima kali, persalinan lewat waktu dsb.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar