Sukses

Mules dan BAB Berdarah Segar

15 Dec 2016, 20:55 WIB
Wanita, 33 tahun.

Pagi Dok. Istri saya seminggu kemarin diare dan dikasih obat dr UGD hingga diarenya berhenti, hanya skr merasakan kembali mules, tapi ketika BAB keluar daras segar dari anus. BAB tidak sakit hanya mules seperti mau mpup tapi peses tidak keluar. Mohon bantuannya nya Dok. Thx

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

BAB berdarah dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari infeksi, hemoroid, perlukaan di daerah anus, hingga kanker usus besar.

Infeksi oleh bakteri tertentu dapat menyebabkan diare berdarah (disentri), yang memberikan gejala demam, nyeri perut, kembung, dan BAB berdarah. Darah dalam feses /tinja umumnya bercampur.

Sementara itu, pada hemoroid/wasir, terdapat benjolan di anus, dan darahnya menetes di atas feses. Hemoroid umumnya terjadi akibat BAB yang terlalu keras atau duduk di kloset dalam waktu lama (misalnya sambil bermain HP atau membaca). BAB keras juga dapat menyebabkan perlukaan/fisura pada area anus, sehingga menyebabkan perdarahan sedikit yang disertai rasa perih.

Sementara itu, kanker juga dapat memberikan gejala BAB berdarah, perubahan pola BAB (menjadi diare atau konstipasi), kembung, perut terasa penuh, penurunan nafsu makan, dan berat badan menurun.

Untuk memastikan penyebab BAB berdarah yang Anda alami, harus diperiksa langsung terlebih dahulu. Beda penyebab, beda pula penanganannya. Oleh karena itu, kami anjurkan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar