Sukses

Anak Mengambil Barang Orang Lain

13 Dec 2016, 11:49 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat siang dok. Saya mau tanya, anak saya usia 4,4 tahun. Tiga bulan yang lalu, saya dapat pengaduan dari orang tua siswa teman TK anak saya, dia bilang anak saya mengambil barang milik orang lain dan mengaku itu miliknya. Saya kecewa dan mengutarakan kejecewaan itu pada anak saya, dia pun sudah minta maaf dan betjanji tidak mengulanginya. Yang ingin saya tanyakan sikap seperti apakah yang seharusnya saya lakukan atas kejadian itu dan bagaimana agar hal tersebut tidak terulang lagi??serta apakah itu artinya anak saya memiliki penyimpangan perilaku??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kejadian yang dialami oleh Anda tentunya membuat Anda kecewa, untuk memberikan pengertian kepada anak Anda yang masih berusia 4 tahun tentunya tidak mudah, namun sebagai orangtua peranan Anda dalam hal ini sangat penting. Tujuan utama sebagai orangtua adalah mendidik dan membina perilaku anak. Yang harus Anda ingat jangan memarahi anak setelah kejadian tersebut, sikap keras orangtua hanya dapat menghentikan perilaku anak secara sementara saja, bukan tidak mungkin anak akan mengulangi lagi perilaku yang tidak baik tersebut. Anda bisa memberitahukan anak secara perlahan, dan memberi pengertian mana hal yang baik dan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Komunikasi yang baik antara orangtua dan anak sangat penting peranannnya dalam perkembangan perilaku anak,

Untuk saat ini masih sangat dini untuk menilai apakah anak Anda mengalami penyimpangan perilaku, karena anak masih dalam proses pertumbuhan. Namun jika Anda merasa sangat khawatir, Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan psikolog mengenai perilaku anak Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar