Sukses

Perubahan Payudara pada Ibu Hamil

13 Dec 2016, 11:06 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok, mengapa ada seseorang yang hamil namun payudaranya menjadi sangat besar sampai tidak dapat tertutupi baju. apakah hal tersebut termasuk kelebihan hormon? lalu bagaimana pencegahan akan hal itu untuk para wanita hamil?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Payudara memang disiapkan untuk menyusui bayi ketika sudah dilahirkan. Payudara pada wanita yang belum pernah melahirkan akan dipenuhi oleh lobulus berukuran kecil dan sedang (berisi 35 asinus). Lobulus adalah kantung kecil yang memproduksi susu dan terdiri dari beberapa asinus.

Ketika hamil dan menyusui, ukuran payudara dapat membesar dan payudara dipenuhi oleh lobulus matang yang berisi lebih dari 100 asinus per lobulus. Ukuran ini akan kembali lagi ke ukuran sebelum menyusui setidaknya 18 bulan setelah melahirkan, tergantung dari frekuensi dan durasi pemberian ASI kepada bayi.

Perubahan hormonal selama masa kehamilan dan menyusui disebabkan hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin sejak pertengahan trimester awal kehamilan. Pada trimester ketiga kehamilan akhir, akan diproduksi air susu bentuk awal yang disebut dengan kolostrum.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar