Sukses

Produk Kecantikan Untuk Kulit Wajah Sensitif

12 Dec 2016, 14:40 WIB
Wanita, 34 tahun.

Salam sejahtera.. Saya deri (ibu rumah tangga) mau menanyakan perihal mengenai kulit wajah saya yang sangat sensitif. Sebaiknya saya menggunakan produk kecantikan yang seperti apa dok, karena setiap kali memakai produk kecantikan pasti kulit wajah saya muncul bentol seperti digigit nyamuk dan terasa gatal. Terimakasih sebelumnya atas jawaban dari dokter.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya, orang yang memiliki wajah sensitif memang membutuhkan penanganan yang khusus dan tidak boleh sembarangan menggunakan produk kecantikan. Namun demikian, karena kode etik kedokteran, kami tidak boleh menginformasikan produk tertentu di sini. Ada beberapa tips yang dapat kami berikan bagi pemilik kulit sensitif yaitu:

 

1. Jika Anda memiliki kulit wajah yang mudah kemerahan, pilihlah produk perawatan yang mengandung licorice, aloe vera atau algae. Anda juga harus menghindari untuk melakukan perawatan peeling atau mikrodermabrasi, serta menghindari produk yang mengandung asam glikolat. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan probiotik, seperti yoghurt, yang dapat mencegah kulit kemerahan atau gatal.  

2. Jika wajah anda sering mengalami reaksi alergi, Anda dapat mengaplikasikan krim yang mengandung kortikosteroid pada area yang mengalami iritasi. Anda juga bisa mengaplikasikan kompres buatan sendiri di rumah menggunakan handuk yang dicelup ke dalam susu, yang ditempelkan pada area yang iritasi. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan catatan tidak terdapat luka terbuka pada wajah Anda. 

3. Jika wajah anda sering kering, hindari untuk menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena produk tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi semakin kering. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan sabun wajah yang mengandung butiran scrub, karena akan mengiritasi kulit Anda. 

 

 

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, setelah mencuci wajah, sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada wajah. Anda dapat mengaplikasikan pelembap tersebut secara berulang, sebanyak 2-3 kali sehari.

Kami menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter kulit secara langsung agar dokter spesialis kulit dapat memilih produk kecantikan yang paling seseuai untuk kondisi kulit anda.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar