Sukses

Tangan dan Kaki Suka Mengeluarkan Keringat

12 Dec 2016, 14:31 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya ingin tanya, saya dari kecil tangan dan kaki suka mengeluarkan keringat terus, kira-kira apakah bisa disembuhkan penyakit itu dengan cara alami dan apa obatnya dok? Lalu apakah penyakit tersebut bisa berbahaya?. Terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. 

 

Keluhan Anda saat ini adalah telapak tangan dan kaki yang sering berkeringat. Dalam istilah medis keluhan Anda dinamakan hiperhidrosis. Hiperhidrosis yaitu kondisi yang ditandai dengan produksi keringat berlebihan, namun tidak selamanya berkaitan dengan terjadinya penyakit berat. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum. Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu : 

  1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

  2. Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

  3. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Hingga saat ini, belum ada penanganan alami yang memberikan efek memuaskan. Penderita hiperhidrosis dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pengobatan-pengobatan tersebut. Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi mengenai keluhan Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar