Sukses

Lidah Rasa Terbakar Setelah Cabut Gigi

12 Dec 2016, 22:56 WIB
Pria, 22 tahun.

Lidah terbakar setelah beberapa hari melakukan cabut gigi itu disebabkan apa ya ? Apakah bahaya ?

Halo Anwar,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Sebelum menjawab pertanyaan anda ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Berdasarkan keterangan anda, apakah mungkin yang anda maksud lidah terbakar sebenarnya adalah lidah yang terasa kebas/baal? Sisi lidah yang kebas apakah sama dengan sisi gigi yang dicabut? Jika iya, maka dugaan kami anda mengalami Paresthesia. Pada saat gigi sedang dikeluarkan, bisa saja terjadi trauma pada saraf di sekitar gigi  tersebut atau bahkan terputus sehingga efeknya akan terasa baal pada lidah dan bibir, terkadang disertai rasa sakit. Paresthesia sifatnya hanya sementara namun ada juga laporan kasus yang menyebutkan kondisi ini terjadi secara permanen. Proses pemulihan dari sel syaraf relatif lebih lambat jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali seperti semula, sekitar 3 hingga 6 bulan.

Dalam waktu seminggu paska pencabutan masih terjadi proses peradangan, sehingga bengkak yang terjadi pada pipi dan sekitarnya mungkin masih menekan syaraf. Untuk membantu mempercepat pemulihan, Anda dapat mengkonsumsi vitamin neurotropik yang dapat Anda beli di apotik, gunakan sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. Bila Anda masih merasa kurang nyaman, ada baiknya Anda kembali lagi ke dokter gigi yang melakukan pencabutan gigi Anda untuk berkonsultasi secara langsung dan mendeteksi adakah kelainan lainnya.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar