Sukses

Tip Merawat Kulit Wajah

12 Dec 2016, 00:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

selamat malam... dok bgaimana cara mengetahui jenis kulit wajah yg bnar? dan bgimana cara untuk mrawat.y... trimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com

Secara umum, tipe kulit dibagi 5, yaitu normal, berminyak, kering, sensitif, dan kombinasi. Seiring dengan waktu, tipe kulit Anda dapat berubah. Misalnya, ketika remaja, Anda bertipe kulit berminyak tapi ketika Anda sudah dewasa menjadi tipe kulit normal.

Berikut ini tips kecantikan yang bisa Anda ketahui dan praktikan perawatannya sesuai jenis/tipe kulit:

Kulit Tipe Normal
Kulit tipe normal memiliki karakteristik tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Ciri-cirinya:

  • ·     Pori-pori tidak terlihat besar.
  • ·     Tidak terlalu sensitif
  • ·     Secara keseluruhan, kulit normal terlihat halus

Untuk merawat kulit jenis normal, gunakanlah pembersih muka yang lembut. Dinginkan kulit dengan memberikan toner yang menyegarkan. Terakhir, oleskan pelembab dan pijat dengan jemari.

 

Kulit Tipe Kombinasi
Kulit tipe kombinasi memiliki karakteristik kering atau normal di area tertentu dan berminyak di area lainnya seperti area T (hidung, kening, dan pipi). Kebanyakan orang memiliki tipe kulit kombinasi. Ciri-cirinya: 

·         Pori-pori melebar

·         Komedo

·         Kulit mengkilat

Bila Anda memiliki tipe kulit kombinasi, cucilah wajah pada pagi hari dengan pembersih muka untuk membersihkan kulit dan mencegah komedo. Waktu malam, oleskan krim pembersih pada area yang kering untuk menyeimbangkan kelebihan minyak.

 

Kulit Tipe Kering

Kulit tipe ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, hormon, pengaruh sinar UV, pengobatan dan lain-lainnya. Kulit kering bisa terlihat dari kulit yang pecah-pecah, mengelupas, gatal, atau inflamasi. Ciri-cirinya:

·         Pori-pori kulit tidak terlihat

·         Kulit kemerahan

·         Tidak elastis

·         Garis kulit terlihat jelas

Kulit kering bisa diatasi dengan beberapa langkah; mandi jangan terlalu lama dan terlalu sering, menggunakan sabun yang lembut di kulit, jangan menggosok kulit terlalu keras, dan mengaplikasikan pelembut selesai mandi.

 

Kulit Tipe Berminyak

Secara umum, kulit berminyak bisa disebabkan oleh usia puber, hormon yang tidak seimbang, stress atau sering terpapar sinar matahari dan terlalu lembab. Ciri-cirinya:

·         Pori-pori kulit membesar

·         Kulit mengkilat

·         Banyak komedo dan jerawat

Untuk merawat kulit tipe berminyak dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah seperti jangan terlalu sering membersihkan wajah, menggosok wajah jangan terlalu keras, dan jangan memencet atau memecahkan jerawat.

 

Kulit Tipe Sensitif

Kalau Anda memiliki tipe kulit ini, cobalah mencari tahu penyebabnya. Kulit sensitif bisa diakibatkan beberapa alasan, namun seringnya adalah akibat penggunaan produk kulit yang tidak cocok yang menyebabkan keringnya kulit, sehingga memudahkan munculnya gatal-gatal. Ciri-cirinya adalah:

·         Kulit kemerahan

·         Gatal

·         Sensasi terbakar

·         Kering

Jangan mencuci wajah dengan sabun bila Anda memiliki kulit sensitif. Gunakanlah lotion pembersih ringan dengan kandungan hipoalergenik. Aplikasikan pelembab untuk menguatkan kulit dan mencegah iritasi.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar