Sukses

Pusing dan Perut Kembung

12 Dec 2016, 00:47 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok, keluhan saya adalah sering terasa oleng seperti diatas kapal laut,sering merasa cemas,perut kembung,sesak nafas. saya sudah menjalani terapi medis berupa endoskopi dengan hasil gastritis erosiva dan esofagitis pada tahun 2013 dan terapi obat selama 8 minggu oleh spesialis penyakit dalam, kemudian saya juga sudah ditangani oleh spesialis saraf dengan berbagai rangkaian pemeriksaan termasuk CT Scan, hasilnya normal. Namun, semua keluhan saya tak kunjung hilang sampai dengan saat ini. Mohon penjelasan, langkah apa selanjutnya yang akan saya tempuh. Terima kasih sebelumnya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan apa yang Anda alami. Tentu  tidak nyaman mengalami berbagai keluhan tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Dari apa yang Anda sampaikan, ada beberapa kemungkinan hal yang terjadi antara lain:

  • Keluhan yang Anda alami berupa sering terasa oleng seperti diatas kapal laut,sering merasa cemas,perut kembung,sesak nafas memang sering dialami akibat gangguan lambung. Ada kemungkinan gastritis erosiva (radang di lambung) yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori sehingga menimbulkan keluhan yang tak kunjung selesai. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam. Hal ini penting sebab bila memang ada infeksi bakteri ini, bila tidak diobati dengan benar, keluhan Anda dapat menjadi semakin berat dan dapat menimbulkan komplikasi.
  • Bagaimana pengaturan pola makan dan manajemen stres Anda? Pola makan yang tidak teratur, sering mengkonsumsi makanan yang pedas atau terlalu berlemak, dan hidup dalam tingkat stres yang tinggi juga dapat mencetuskan keluhan seperti yang Anda rasakan. Bila pengaturan makan dan manajemen stres belum baik, Anda perlu mengaturnya lebih baik agar terhindar dari keluhan di atas.
  • Bila dengan kedua hal di atas, keluhan belum membaik, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi kepada psikiater. Bagi orang awam, kadang berkonsultasi dengan psikiater dianggap merupakan hal yang aneh karena banyak orang menganggap psikiater hanya menangani orang "gila". Anggapan ini salah. Pada orang yang sering merasa cemas, psikiater mampu menolong melakukan terapi relaksasi yang biasanya sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga Anda lekas sembuh ya.

0 Komentar

Belum ada komentar