Sukses

Retak Tulang Patella

10 Dec 2016, 22:45 WIB
Wanita, 76 tahun.

Tiga Minggu yg lalu Mama sy (76th), jatuh dengan posisi dengkulnya menghantam lantai. Setelah dilakukan Rontgen, hasilnya adalah: - sendi femoro tibialis kanan baik, tidak ada dislokasi, sela sendi tak menyempit. - permukaan sendi rata, eminensia interkondilaris tak meruncing. - patela kanan tampak ada diskontinuitas inkomplit. - tulang-tulang lain masih baik. - tampak spur pada femur, Tibia maupun patela kanan. - tidak ada sklerosis/kista subkondral. - tampak ada pembengkakan jaringan lunak. KESAN: FRAKTUR PATELA KANAN INKOMPLIT. OSTEOARTHRITIS GENU DEKSTRA, GRADE 2. Saya konsultasikan hasil Rontgen ini pada 2 orang dokter bedah tulang yang berbeda, utk mendapatkan second opinion. Dokter pertama mengatakan tidak ada jalan lain selain operasi (dengan kemungkinan keberhasilannya kecil). Dokter kedua menyarankan tidak menggunakan jalan operasi,tapi melalui fisioterapi selama tujuannya hanya agar dapat berjalan lagi saja. Menurut dr yg kedua, tulang yg patah pada lutut Mama sy adalah tulang yg berfungsi sebagai katrol utk naik-turunnya kaki bagian bawah bukan tulang yg berfungsi untuk berjalan. Jujur sy bingung bgmn sebaiknya Dok. Keinginan kami adalah hanya agar Mama sy mampu berdiri dan berjalan lagi saja. Dalam kesehariannya Mama sy sudah tidak banyak aktivitas lagi. Bisakah dr memberi sy saran medis? Apakah bila sy menggunakan cara fisioterapi, Mama sy bisa kembali berdiri dan berjalan lagi? Sebelumnya sy ucapan terima kasih dan sy sangat menunggu jawaban dari dokter. Terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apabila terdapat keluhan akibat cedera yang melibatkan tulang, tindakan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan radiologi (roentgen) sehingga dapat terlihat adakah tulang yang retak atau patah, adakah cedera jaringan sekitar, dan sebagainya. Hal ini sudah Anda lakukan. Manipulasi, pemijatan, penekanan pada daerah yang nyeri pun tidak dianjurkan apabila belum didapatkan gambaran diagnosis yang jelas, karena dapat memperberat cedera jaringan, menimbulkan komplikasi ke jaringan sekitarnya.

Trauma pada lutut dapat mengakibatkan berbagai gangguan ataupun peradangan pada sendi. Trauma pada lutut dapat mengakibatkan peradangan pada sendinya ataupun tulang yang terlibat. Kemungkinan lain adalah cedera atau patah pada tempurung lutut. Kemungkinan berikutnya adalah putusnya ligamen penyangga lutut. Namun semua ini akan tergantung dari detail kejadian trauma dan kerasnya trauma yang terjadi. 

Trauma pada lutut yang tidak tertangani dapat menjadi osteoartritis atau peradangan pada tulang tempurung lutut.  Kami sarankan agar anda segera berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah tulang (orthopaedi) untuk evaluasi lebih lanjut mengenai kondisi lutut anda. Sulit bagi kami menyimpulkan terapi tanpa melakukan pemeriksaan langsung pada Ibu Anda. Semoga ibu Anda lekas sembuh.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

0 Komentar

Belum ada komentar