Sukses

Pilek Terus Menerus

10 Dec 2016, 22:21 WIB
Wanita, 15 tahun.

Saya sering sesak nafas disertai pilek tetapi tidak bersin, diikuti dengan pusing ketika beranjak dari duduk, apa yg sedang saya alami, dan solusinya bagaimana?

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Gejala Pilek yang berkepanjangan atau sering muncul dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi, infeksi berulang, bahkan polip. Sayang sekali informasi yang Anda berikan terbatas. Apakah terdapat keluhan lain seperti demam, batuk, nyeri menelan, lendir pada tenggorokan, dan lainnya? Apakah cairan yang Anda maksud berwarna jernih/kuning/kehijauan? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? 

Untuk mengetahui penyebab alergi diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit. Cara mengatasinya adalah dengan menghindari zat pemicu alergi (alergen), dengan cara:

  • Dengan menghindari kontak dengan alergen penyebab, misalnya udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Rinitis Alergi.

Sementara itu, apabila pilek Anda disebabkan oleh infeksi seperti sinusitis, akan terlihat cairan ingus yang berwarna hijau yang tidak sembuh-sembuh, disertai nyeri kepala, terkadang bau mulut, serta nyeri pada daerah-daerah sinus (rongga wajah di daerah pipi dan dahi) bila ditekan. Pilek akibat sinusitis memerlukan beberapa pemeriksaan seperti foto rongga sinus. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik, mengencerkan dahak serta terkadang dilakukan terapi uap pada wajah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Sinusitis

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya, oleh karena itu kami menyarankan anda memeriksakan diri ke dokter THT agar dilakukan pemeriksaan langsung terhadap rongga hidung Anda (untuk melihat adakah polip atau lainnya), disertai penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar