Sukses

Usia Anak untuk Berenang

13 Dec 2016, 09:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok. usia berapakah yang tepat untuk mengenalkan balita pada air kolam renang atau ari laut?? dan apa saja yang harus dilakukan agar anak tetap aman trhadap sinar matahari saat berda di pantai.?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Menurut beberapa ahli, mengajarkan anak berenang paling baik dilakukan saat usia mereka 4-5 tahun. Ada fakta menarik di balik hal ini. Pada tahun 2010, Asosiasi Dokter Anak Amerika merekomendasikan pelajaran berenang saat anak berusia 4 tahun. Setelah 2010, penelitian menunjukkan penurunan risiko anak yang tenggelam saat berenang jika mereka dikenalkan cara berenang saat usia prasekolah.

Jika anak masih di bawah 4 tahun dan Anda tetap ingin mengajarkannya berenang, tanyakanlah pada diri Anda: Apakah anak sudah siap secara fisik dan mental? Penting untuk mengetahui hal tersebut, karena peran orangtua sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anak saat belajar berenang.

Mengajarkan berenang pada anak di bawah usia 4 tahun bukanlah tanpa risiko. Kuman-kuman yang ada di air rawan berisiko menyerang anak yang belajar berenang. Mulai dari bayi hingga anak-anak, selalu ada kemungkinan menelan air saat berenang. Faktor lain yang perlu diperhatikan ialah suhu udara. Sebisa mungkin, udara tidak terlalu dingin agar anak tidak kedinginan hingga menggigil dan sakit.

Memilih pelatih renang yang tepat juga tidak boleh dilupakan. Carilah pelatih yang berpengalaman, menyukai anak-anak, dan disiplin. Lalu, pastikan tempat berenang memiliki penjaga kolam renang yang bisa menjaga keamanan anak.

Dan untuk menjaga kulit Anak Anda terhadap sinar matahari Anda dapat memberikan tabir surya. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar