Sukses

Test Pack Positif Samar, apa artinya?

10 Dec 2016, 22:50 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, haid terakhir sy 23-30Okt lalu. Krn blm haid sampai sekarang, jg sy bersin+meler terus, payudara membesar & puting jd menonjol, akhirnya 6des siang sy testpack. Hasilnya 2 garis tp yg 1 sangat samar. Sy ulang sorenya hasilnya sama. 8des pagi bangun tidur kembali sy ulang dg 2 merk berbeda hasilnya 2 garis samar tp lebih jelas dr sebelumnya. Akhirnya sy ke dokter, tp di-USG tidak terlihat apa2.. Disuruh kembali 2 minggu lagi. Apakah berarti sy negatif dok? Kenapa test packnya positif ya? Pdhl sy ulang sampai 4x di hari berbeda.. Thx

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Pemeriksaan yang lebih akurat dengan pemeriksaan USG. Pada awal kehamilan, karena janin baru terbentuk sehingga masih sangat kecil, terkadang sulit untuk ditemukan dengan pemeriksaan USG. Oleh karena itu kemungkinan dokter menyarankan kembali 2 minggu lagi agar dapat dilakukan USG ulang sebagai pembanding.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar