Sukses

Amankah Konsumsi Pil Cacing?
11 Dec 2016, 00:29 WIB
Pria, 25 tahun.

Sudah hampir 17 th sy tdk konsumsi pil cacing. Apakah skrg aman jk konsumsi lagi. 2 th lalu sy prnah alami tensi darah diatas normal sekitar 140an selama 5 hari. :) trims

Terimakasih Anda telah menggunakan layananan e-konsultasi Klikdokter.com

Saudara yang terhormat kami memohon maaf sebelumnya dikarenakan kurang memahami pertanyaan Anda. Apakah maksud Anda, Anda menggunakan pil/kapsul ccing untuk mengobati darah tinggi? atau ada indikasi lain.

Kapsul cacing yang bisa didapatkan secara bebas di toko-toko atau tempat-tempat yang menjual obat-obatan herbal di klaim mengandung ekstrak cacing tanah Lumbricus sp. dengan kandungan yang berbeda-beda, yakni 250 mg per kapsul atau 500 mg per kapsul. Biasanya masyarakat mengonsumsi obat ini sebagai pengobatan penyakit demam tifoid atau tipes dan tidak untuk mengobati hipertensi

Akan tetapi, kapsul cacing tanah ini tidak pernah masuk dalam resep pengobatan yang diberikan oleh dokter di rumah sakit.  Walaupun secara tradisional pengobatan dengan menggunakan cacing tanah telah ada sejak lama, namun ternyata belum cukup bukti ilmiah yang mendukung pengobatan jenis ini.

Selain  belum ada evidence base dan tidak ada bukti ilmiah yang cukup, kapsul cacing tanah yang beredar di pasaran mungkin saja memiliki bahan lain yang dicampurkan ke dalam kapsul sehingga dapat menimbulkan efek samping yang tidak dapat diprediksi. Oleh karena alasan-alasan ini, kalangan tim medis (dokter) tidak pernah menganjurkan pasien untuk menggunakannya. 

Mengenai darah tinggi yang Anda alami sebaiknya Anda rutin memeriksakan tekanan darah Anda dan menerapkan pola hidup sehat seperti : tidak merokok, olah raga secara teratur, kurangi stres dan hindari makanan yang mengandung tinggi garam.

0 Komentar

Belum ada komentar