Sukses

Ingin BAK Saat Bayi Menendang di Dalam Perut

08 Dec 2016, 16:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang dok, dok saya mempunyai beberapa keluhan soal janin yg ada di perut saya, akhir-akhir ini saya sering merasa jika janin saya menendang rasanya saya ingin kencing, seperti kantung kemih saya di tendang oleh janin saya. apakah kandungan saya ini turun atau memang seperti itu bisa di anggap normal. karena menurut mertua saya kalau hamil tidak boleh terlalu sering naik sepeda motor, sedangkan saya bekerja harus naik sepeda motor setiapharinya. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.com 

Rasa ingin BAK saat bayi menendang normal terjadi pada wanita hamil, hal ini disebabkan ukuran janin sudah semakin membesar dan menekan kandung kemih Anda. 

Anda bisa tetap mengendarai motor namun harus diperhatikan kondisi Anda dalam keadaan yang baik dan sebaiknya menghindari mengendarai motor dengan perjalanan jauh agar tidak terjadi trauma sekecil apapun karena ditakutkan akan membahayakan janin. Untuk menjaga kehamilan usahakan Anda jangan terlalu mengalami kelelahan baik fisik maupun lelah mental.

 

Untuk menjaga bayi Anda tetap sehat, berikut nutrisi penting saat hamil yang bisa Anda penuhi:

Zinc Dianjurkan para calon Ibu untuk banyak mengkonsumsi zinc. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria. Zinc bisa didapat dari kerang. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena pada kerang mengandung zinc. Namun jangan asal makan kerang sembarangan, konsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Karena beberapa kondisi, kerang juga pemicu meningkatnya kolesterol jahat (LDL).

Asam Folat Asam folat berguna untuk mencegah cacat otak dan menekan risiko munculnya cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf adalah salah satu cacat lahir yang paling banyak menyebabkan kematian bayi dan kecacatan serius. Pastikan Ibu senantiasa memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat banyak terdapat pada hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, dan buncis. Apabila asupan asam folat tidak dapat dipenuhi dari diet makanan, umumnya dokter akan memberikan tambahan suplemen asam folat di masa kehamilan.

Kalsium Konsumsi kalsium penting untuk ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kalsium akan banyak Ibu dapatkan melalui susu, ikan, keju, produk susu lainnya, sayuran hijau, dan masih banyak lagi. Apabila kebutuhan kalsium Apabila memang masih belum dapat mencukupi kebutuhan perhari, barulah akan diberikan suplemen kalsium. Akan sangat baik apabila kebutuhan zat gizi ibu dapatkan melalui makanan alami.

Zat Besi Pada masa kehamilan memang dapat terjadi anemia (kurang darah) karena jumlah cairan dalam tubuh Ibu memang meningkat dan juga jika mengalami mual-muntah hebat dan nafsu makan berkurang. Sehingga mengganggu asupan nutrisi termasuk bahan-bahan untuk membuat sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Anemia yang cukup parah dapat menyebabkan janin yang kecil dan juga lahir sebelum waktunya, untuk itu anemia Ibu memang perlu segera ditangani.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar