Sukses

Arti Lunula pada Kuku

06 Dec 2016, 19:51 WIB
Pria, 34 tahun.

Begini dokter, saya pernah membaca artikel di media sosial, dimana isi artikel tersebut menjelaskan jika tanda lunula pada kuku tidak terlihat mengindikasikan metabolisme yang lemah atau toksin yang tinggi pada tubuh. Apakah benar dokter?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Lunula sendiri sebenarnya adalah akar kuku yang terlihat dari luar. Pada beberapa sumber disebutkan bahwa memang bentuk dan tidak adaan lunula ini dapat mencerminkan kondisi kesehatan orang yang bersangkutan.

Ketidak adaan lunula pada kuku dapat menjadi indikasi kurang darah/ anemia dan malnutrisi, sedangkan bentuk lunula yang mirip piramida dapat mencerminkan trauma yang terjadi pada kuku. Selain bentuk, warna lunula juga dikatakan dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Lunula yang berwarna biru pucat dapat menjadi indikasi adanya penyakit diabetes mellitus. Bila lunula berwarna merah, beberapa kondisi kesehatan yang mungkin terjadi pada orang yang bersangkutan diantaranya : penyakit jantung, kelainan darah dan gangguan kolagen pada pembuluh darah. Akantetapi bentuk dan warna lunula ini bukan merupakan petanda pasti, melainkan hanya sebagai indikator dari kemungkinan gangguan kesehatan yang dapat terjadi. Gangguan kesehatan hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan langsung secara menyeluruh, bukan hanya dari bentuk lunula.

Selain lunula, bentuk kuku secara juga dapat menjadi petanda adanya kemungkinan gangguan kesehatan pada seseorang. Lebih jauh tentang kaitan bentuk kuku dan kesehatan, berikut artikel kami untuk memperkaya wawasan Anda : 8 Arti Tanda Kuku dengan Kesehatan Anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar