Sukses

Focused Ultrasound untuk Pengobatan Miom

06 Dec 2016, 16:13 WIB
Wanita, 52 tahun.

Saya mau menanyakan mengenai pengobtan dengan Focused Ultrasound untuk miom, apa efek sampingnya atau kekurangannya dan benjolan/tumor yang hilang saat pengobatan dengan ultrasound itu kemana, apakah keluar lewat vagina atau larut kedalam tubuh

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Focused ultrasund merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan pada pengobatan mioma uteri. Karena sifatnya yang non-invasif, focused ultrasound ini memang kerap menjadi pilihan dalam pengobatan. Sayangnya belum semua pusat kesehatan menyediakan fasilitas ini.

Operasi dengan focused ultrasound dilakukan menggunakan alat Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang dilengkapi dengan transduser ultrasonografi berenergi tinggi. MRI berfungsi sebagai alat monitor agar dokter mengetahui lokasi persis mioma, serta jaringan- jaringan di sekitarnya. Bersamaan dengan itu, gelombang ultrasonografi akan dipancarkan yang sedikit demi sedikit akan menghancurkan jaringan mioma.

Walaupun dinilai cukup efektif, nyatanya tidak semua pasien dapat menjalankan terapi ini. Wanita dengan riwayat operasi berulang di daerah perut dan wanita yang memiliki mioma yang besar adalah dua golongan yang tidak disarankan menjalani focused ultrasound ini.

Prosedur focused ultrasound ini merupakan prosedur terbilang cukup aman. Kendati relatif aman,efek samping dapat terjadi walaupun sangat jarang. Efek samping yang dapat terjadi meliputi :

  • terbakarnya kulit di daerah perut

  • kerusakan jaringan di sekitar mioma

  • Gangguan saraf di punggung atau kaki

  • Penggumpalan darah di sekitar kaki

Anda dapat mendiskusikan lebih lanjut terkait prosedur dan kemungkinan efek samping ini dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar