Sukses

Anak Demam dan BAB Cair

06 Dec 2016, 12:01 WIB
Pria, 5 tahun.

Sore Dok, Mau tanya sudah beberapa hari ini anak saya pupnya lembek an berair tapi tidak sering 2-3 kali sehari tetapi ada airnya, kalu tahak bau d sertai perut kembung dan bagian kepala hangat kemarin suhu nya 38 alhamdulillah pagi ini sudah 36,9, solusinya apa ya dok terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Demam adalah peningkatan suhu tubuh melebihi normal (temperatur normal tubuh berkisar antara 36 - 38 derajat celcius) yang merupakan mekanisme tubuh dalam menghantam virus atau infeksi bakteri sehingga tidak selalu berbahaya. Demam merupakan suatu gejala dan bukanlah penyakit. Sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada anak Anda tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik dan penunjang yang terkait.

Apabila suhu anak Anda sudah mencapai 39 derajat C, maka Anda harus waspada karena pada suhu ini anak Anda mengalami demam tinggi yang dapat berisiko terjadinya kejang. Oleh karenanya, demam tinggi harus segera diturunkan dengan cara apapun. Berikan anak Anda obat penurun panas. Anda pun juga dapat mengompres seluruh badan anak Anda (tidak hanya kepala) dengan air suhu ruangan. Kompres harus diperas dan direndam di air kembali secara teratur. Jaga stamina anak Anda dengan memberikan asupan nutrisi seimbang, istirahat yang cukup dan konsumsi air putih sedikitnya 2 liter per hari.

Diare akut pada anak umumnya disebabkan oleh virus. Namun bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit atau lainnya. Untuk mendiagnosa penyebab pastinya biasanya diperlukan pemeriksaan feses. 

Penanganan yang paling penting pada diare anak adalah untuk mencegah kekurangan cairan yang hilang dari buang air besar dan muntah. Berikanlah oralit sebanyak 10 mL/kg berat badan anak tiap buang air besar cair dan 5 mL/kg berat badan anak setiap muntah. Jika asupan cairannya kurang, sebaiknya anak dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemasangan cairan infus (intravena) untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Biasanya Dokter juga dapat memberikan suplementasi zinc dengan dosis 1 x 10 mg selama 10 hari.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan anak Anda ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung, sehingga diagnosa pun dapat ditegakkan dan anak Anda akan mendapatkan tata laksana terbaik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar