Sukses

Gigi Anak Karies Dan Susah Diajak Sikat Gigi

05 Dec 2016, 13:31 WIB
Pria, 2 tahun.

Anak sy giginya sudah carries dan keropos,skrg satu gigi sdh hitam.. Sblmx anak minum susu lain.krn sdh ada flek putih sy ganti morinaga.mhn pencerahan apa yg hrs sy lakukan dok?si anak susah gosok gigi n sll nangis.

Halo Noah,

Kami memahami keadaan yang anak Anda alami. Memang cara satu-satunya untuk merawat dan menjaga keutuhan gigi susu anak Anda adalah dengan membentuk perilaku kooperatif dalam menyikat gigi. Kegiatan sikat gigi anak dirumah harus dibuat suasana yang menyenangkan, dengan sikat gigi bentuk yang lucu, pasta gigi warna-warni rasa buah, jika memungkinan iringi dengan lagu anak-anak. Kegiatan ini harus melibatkan anda juga sebagai orang tua, dengan mencontoh gerakan sikat gigi yang anda lakukan bersama-sama, otomatis anak cenderung akan meniru anda (modelling). Memang sangat dibutuhkan kesabaran dan kedisiplinan untuk membentuk suatu perilaku kooperatif, namun pasti hasilnya akan jauh lebih menguntungkan di kemudian hari.

Sebenarnya semua susu formula rata-rata mengandung gula yang tinggi, sehingga jika pembersihan gigi tidak sempurna maka seringkali menimbulkan karies dan juga penumpukan karang gigi.

Saran kami mulailah melakukan pembentukan perilaku anak sedini mungkin, agar anak memiliki perilaku yang kooperatif dan giginya terawat sehingga tidak bertambah jumlah gigi yang mengalami karies. Karena jika karies bertambah dalam dan sudah menimbulkan sakit akan sulit untuk dilakukan perawatan dan penambalan.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar