Sukses

Bisakah Mata Minus Makin Bertambah?

06 Dec 2016, 08:15 WIB
Wanita, 18 tahun.

Ass. dok saya mau tanya, umurku ku kan 18 tapi minus mata kanan ku -14,50 silinder 1,25 dan yg kiri -12,00 silinder 0.75 apakah di usia 18 min saya dapat bertambah lagi? dan apakah dengan memakan wortel minus saya dapat berkurang? dan satu lagi saya sehari2 memakai kontak lens minus 10, apakah dengan memakai kontaklens tanpa silinder yg menyebabkan minus saya bertambah?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-consultation di www.klikdokter.com.

Mata minus (miopia) dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain: faktor genetik yang mempengaruhi bentuk bola mata, dan faktor eksternal atau lingkungan, seperti kebiasaan. Mata  silindris (astigmatisma) disebabkan oleh kelengkungan kornea yang tidak rata. Kecepatan bertambahnya minus dan silindris pada mata dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Mata minus dan silindris dapat terjadi di salah satu mata atau keduanya, dan dikoreksi dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan dan lensa silindris yang sesuai untuk menyesuaikan daya pembiasan di dalam mata. Umumnya penatalaksanaan mata minus dan silindris adalah dengan kaca mata dan lensa kontak. 

Jadi apabila Anda terdiagnosis dengan mata minus dan silindris, Anda perlu kacamata, karena jika tidak digunakan justru akan memperberat ukuran minus dan silindris Anda. Kemudian dibarengi dengan konsumsi makanan dengan tinggi vitamin A.

Pemakaian bahan alami seperti makanan yang mengandung vitamin A (buah-buahan termasuk wortel, sayuran hijau, kentang, dan ikan), ditujukan untuk mencegah penambahan minus melalui asupan nutrisi yang baik untuk mata, bukan untuk menyembuhkan mata minus tersebut. Anda juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer. 

Kemudian adakah cara untuk mengurangi ukuran minus mata? satu-satunya cara adalah dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). Tindakan operasi merupakan tindakan yang paling efektif dalam mengatasi mata minus, namun jika Anda takut dengan tindakan tersebut, Anda dapat menjaga visus (penglihatan) mata Anda dengan saran yang telah disebutkan di atas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar