Sukses

Penyebab Pembengkakan Kaki

03 Dec 2016, 22:45 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dear dokter, kaki saya jika dibawa aktivitas lama menjadi bengkak dan timbul bercak kemerahan. Tapi tanda itu baru berlangsung sejak bulan april ini. Sebelumnya tidak ada masalah sama sekali. Ada apakah dok, dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kaki bengkak akibat terisi cairan dikenal dengan istilah ‘Edema’. Edema dapat disebabkan oleh berbagai penyakit.Jika Anda merasakan pembengkakan kaki setelah berjalan lama, bisa jadi Anda mengalami gangguan pada pembuluh darah balik (vena) Anda. Namun hal ini memerlukan pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan USG doppler.

Selain itu, terdapat beberapa penyebab pembengkakan (edema) yang lain.  Berikut beberapa penyakit yang menyebabkan gangguan edema;

1. Gagal jantung

Gagal jantung adalah penyakit yang umum ditemui. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, atau adanya kadar lemak yang tinggi. Penyandang gagal jantung akan mengeluhkan adanya sesak nafas, cepat lelah dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama. Penderita gagal jantung juga akan mengeluhkan cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan, akan terasa berat bagi penderita gagal jantung.

2. Sirosis hati

Sirosis hati adalah istilah yang menggambarkan adanya pengerasan hati. Pada keadaan sirosis hati, komposisi hati berubah dan menjadi lebih banyak jaringan ikat. Keadaan ini menyebabkan hati tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Salah satu tanda yang menyertai keadaan sirosis hati adalah berkumpulnya cairan pada rongga perut, atau disebut asites. Pasien akan mengeluh perut terasa membesar dan tegang. Pada keadaan lebih lanjut, rembesan cairan akan menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti kaki.

3. Kelainan Ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika ginjal mengalami gangguan, maka cairan tubuh juga akan mengalami gangguan. Salah satu penyebab keluhan bengkak adalah sindrom nefrotik. Pada keadaan ini, pasien akan mengeluarkan protein dalam jumlah banyak melalui urinnya. Protein tubuh akan berkurang dan menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah. Pembengkakan pada sindrom nefrotik biasanya cukup berat dan melibatkan satu tubuh.

Selain berbagai penyakit diatas, masih ada berbagai kemungkinan penyebab edema yang lain. Karena itu, pembengkakan kaki perlu diperiksa lebih lanjut untuk menentukan penyebab edema yang tepat dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam, sehingga penanganan yang diberikan juga lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar