Sukses

Apakah Susu Formula Menyebabkan Konstipasi?

04 Dec 2016, 21:49 WIB
Wanita, 34 tahun.

Ass.dok bayi ku 8 bulan skrg minum chil mild platinum tp ke no arah minum itu dia kostipasi mohon solusi dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Sebelumnya ada hal-hal yang perlu kami ketahui: Bagaimanakan kotoran/feses anak Anda? Apakah kecil - kecil atau lembek atau cair (seperti diare)? Apakah anak Anda mengonsumsi susu formula? Sejak kapankah keluhan tersebut dialami? Bagaimana dengan pola makannya? Apakah anak Anda suka mengonsumsi buah dan sayur? Berapakah tinggi dan berat badannya saat ini? Adakah gejala lain seperti mual, muntah, perut membesar, demam?

Sulit BAB dapat disebabkan karena konstipasi fungsional (sembelit tanpa gangguan organ), atau dapat juga karena gangguan organik, misalnya kelainan pada saluran cerna. Berikut ini adalah beberapa penyebab anak susah buang air besar:

  • Kurangnya asupan makanan yang mengandung serat
  • Kurangn minum/cairan
  • Mengkonsumsi susu formula. Susu formula dapat mempengaruhi frekuensi BAB anak dan dapat memperparah konstipasi karena protein pada susu formula sulit dicerna.
  • Asupan makan kurang. Jika bayi atau anak sulit makan atau makan hanya sedikit, frekuensi BAB juga akan berkurang.

Coba ganti susunya dengan susu kedelai, beri minum juice tomat, pastikan kebutuhan cairan (minum) tercukupi, dan beri makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. 

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak..

Berikut kami lampirkan artikel menganai konstipasi pada anak:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar