Sukses

AKDR dan Pap Smear

03 Dec 2016, 15:29 WIB
Pria, 26 tahun.

Asw dokter.sy ibu rmh tgga yg mmliki 3ank,stlah ank k3 sy pk kb spiral tp tak dperiksa slm 4thn.stlah trjdi pndrahan trus slm 2bln haid sy bk kb spral tsb.stlah itu haid sy brubh kdg haid nya smpe 4mggu kdg tk haid.kdg drh nya dtg stetes 5jm kmudian kring.sy sdh papsmeer,hsilnya infeksi mulut rahim.ap yg hrus sy lalukn lg dokter?ap hrus vaksin utk serviks?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) atau yang sering disebut juga KB spiral bagi banyak kaum wanita merupakan salah satu alat kontrasepsi yang terbaik, karena metode ini sangat efektif, bekerja dengan cepat, dan jangka waktu penggunaannya cukup lama sehingga tidak perlu diingat setiap hari seperti halnya pil. Untuk satu kali pemakaian, lama penggunaan alat ini adalah 5 sampai 10 tahun sebelum kemudian digantikan dengan alat yang baru. Bagi ibu yang menyusui, AKDR tidak akan mempengaruhi isi, kelancaran ataupun kadar air susu ibu (ASI).

Namun, ada wanita yang ternyata belum dapat menggunakan sarana kontrasepsi ini. Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi.  Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Setelah dilepas, seharusnya tidak ada lagi pengaruh AKDR.

Untuk infeksi serviks atau mulut rahim sebaiknya diterapi sesuai dengan penyebab infeksinya, misalkan jika disebabkan bakteri maka harus konsumsi antibiotik. Untuk vaksin, saya anggap maksud ibu adalah vaksin HPV. Vaksin ini bertujuan melindungi wanita terhadap kanker mulut rahim atau penyakit lain yang disebabkan virus HPV.Vaksinasi sendiri direkomendasikan pada saat usia 11/12 tahun, sebelum terekspos virus HPV. Sebaiknya ibu tetap rutin melakukan pap smear sebagai cara penapisan kanker serviks, setidaknya 3 tahun sekali jika hasil normal.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar