Sukses

Baal Di antara Jempol dan Telunjuk Kaki

03 Dec 2016, 12:00 WIB
Pria, 26 tahun.

kenapa diatas dibagian atas telapak kaki, antara sela jempol atas dan jari telunjuk kaki seperti tidak terasa saat disentuh

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Gejala yang anda alami disebut juga dengan baal. Penyebab dari apa yang anda alami adalah adanya gangguan saraf, namun spesifik hanya pada daerah di tempat anda mengalami baal. Kerusakan saraf pada daerah spesifik tersebut membuat saraf tidak dapat meneruskan rangsangan yang diterima oleh kulit, sehingga saat disentuh tidak dapat merasakan apapun. Penyebab lain dari baal dapat terjadi akibat dari gangguan pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab baal akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus dan rematik.

Karena keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, maka kami mengalami kesulitan untuk mendiagnosis dan menentukan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami. Jika baal terjadi dalam waktu singkat dan membaik setelah Anda menggerakkan kaki, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun apabila keluhan terjadi terus menerus dan semakin mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, Anda dapat melakukan latihan senam kaki. Latihan ini dapat dilakukan dengan posisi berdiri, duduk dan tidur, dengan cara menggerakkan kaki dan sendi-sendi kaki misalnya berdiri dengan kedua tumit diangkat, mengangkat dan menurunkan kaki. Gerakan dapat berupa gerakan menekuk, meluruskan, mengangkat, memutar ke luar atau ke dalam dan mencengkeram pada jari-jari kaki. Latihan senam dapat dilakukan setiap hari secara teratur, sambil santai di rumah, juga waktu kaki terasa dingin. 

Bila gejala ini terus menerus dirasakan, kami menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar