Sukses

Penebalan Kulit Disertai Pecah-Pecah dan Gatal

03 Dec 2016, 13:58 WIB
Wanita, 43 tahun.

Beberapa bln lalu, tungkak kaki kiri saya tiba2 ada penebalan dengan rasa gatal.. pernah periksa ke dokter kulit dan diberi obat spt salep warna putih tp ga tahu namanya krn ada dlm tempat/cup, Methylprenisolone, Cetirizine dan Cimetidine.. obat sudah di konsumsi 3 minggu, bahkan sdh perpanjangan resep.. akan tetapi disaat obat tdk dikonsumsi lagi, penebalan itu tumbuh lagi dg gatal2 bahkan pecah dg luka dalam.. Kira2 obat apalagi yang bisa menyembuhkan penebalan di kali sy pak dokter..

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda menderita neurodermatitis. Neurodermatitis merupakan peradangan kulit yang menimbulkan gejala gatal, kulit tebal dan garis kulit menonjol menyerupai kulit batang kayu akibat garukan dan gosokan berulang. Penderita mengeluh gatal sekali dan bila timbul malam hari dapat menggangu tidur. Penderita baru merasa enak setelah luka, baru hilang gatal untuk sementara. Lokasi tersering penyakit ini adalah kulit kepala, tengkuk, samping leher, pubis, vulva, skrotum, lutut, punggung kaki, dan pergelangan kaki.

Terapi untuk kelainan ini adalah antiradang seperti steroid potensi poten seperti betametasone dipriprionate 0,05% dan pelembab yang tidak menggunakan pewangi. Selain itu, penderita harus diedukasi untuk tidak menggaruk karena akan memperparah penyakit.

Seringkali, gatal semakin terasa terutama saat penderita mengalami stress. Keberhasilan pengobatan bergantung dengan penemuan dan eliminasi faktor-faktor yang dapat memperparah gejala.

Namun, diagnosa kelainan kulit harus ditegakkan dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penatalaksanaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar