Sukses

Susah Napas Seolah Udara yang Dihirup Sedikit

03 Dec 2016, 08:09 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat siang dok. Saya mengalami keluhan berupa susahnya bernafas ketika dalam posisi tertentu. Kadang saat terlentang, tengkurap, ataupun menghadap samping. Gejala timbul secara acak, tidak melulu pada satu posisi. Kesulitan bernafas ini saya rasakan seolah udara yg masuk melalui hidung teramat sedikit. Apakah ini gejala penyumbatan biasa atau ada masalah tertentu?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kesulitan bernapas dapat terjadi akibat sumbatan pada hidung. Hidung dapat tersumbat meskipun tidak ada cairan (ingus) yang keluar dari hidung. Hal tersebut dapat terjadi karena penyebab hidung tersumbat bukanlah akibat terlalu banyak ingus di dalam hidung sehingga menghambat aliran udara masuk ke dalam hidung, namun keluhan hidung tersumbat muncul akibat terjadinya pelebaran pembuluh darah di dalam rongga hidung sehingga terjadi pembengkakan jaringan yang melapisi rongga hidung. Pembengkakan jaringan inilah yang menghambat aliran udara untuk masuk ke dalam saluran napas. Ketika pembuluh darah kembali ke ukurannya yang semula, maka pembengkakan jaringan akan hilang dan keluhan hidung tersumbat pun dapat menghilang dengan sendirinya. 

Hidung tersumbat dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

  • Infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri

  • Sinusitis

  • Alergi

  • Pasca penggunaan obat tetes hidung selama lebih dari 3 hari

  • Polip hidung

  • Rhinitis vasomotor

  • Dll

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter oleh sebabitu kami sarankanAnda berkonsutasi ke dokter spesialis THTsehingga dapat ditangani denganoptimal.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar