Sukses

Mengurangi nyeri tanpa obat

03 Dec 2016, 03:49 WIB
Wanita, 35 tahun.

Saya kesakitan setiap hari, biasa cuma dikasih Tramadol tapi sekarang susah dapatnya, apa ada cara ngurangin sakit secara alami?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun perlu diperjelas lagi bagian tubuh manakah yang mengalami kesakitan? Karena obat yang anda konsumsi merupakan obatnyeri yang cara kerjanya tidak spesifik di bagian tubuh tertentu, melainkan dapat bekerja di berbagai bagian tubuh. Penyebab nyeri pada organ tubuh yang berbeda juga dapat berbeda-beda antar organ, sehingga penanganannya secara non-medikamentosa (tanpa obat) tentunya berbeda-beda.

Bila yang anda alami adalah sakit kepala, umumnya disebabkan oleh gangguan di sistem saraf di otak, atau organ lain di sekitar otak seperti pembuluh darah di otak. Penanganannya untuk mengurangi nyeri kepala yang berlebihan adalah dengan:

- Rutin Berolahraga

 Rutin berolahraga setidaknya 2 hari per minggu akan menurunkan risiko sakit kepala pada pria dan wanita.

- Tidur

 Tidur merupakan cara yang efektif untuk mengurangi sakit kepala. Pada penelitian Shimmery menyatakan bahwa obat golongan NSAID dapat menghilangkan sakit kepala pada 45% pasien.

- Kafein

Kafein bisa didapatkan dari minuman seperti soda, teh, dan kopi. Penelitian  Bjorkedal dan Flaten menunjukkan bahwa pemberian kafein sebanyak 4 miligram per kilogram berat badan dapat mengurangi rasa nyeri. Namun, konsumsi kafein dalam jumlah besar juga dapat menimbulkan risiko. Konsumsi 250 miligram kafein dikatakan dapat menurunkan peredaran darah di dalam otak sehingga apabila ingin mengkonsumsi kafein sebaiknya benar-benar memperhatikan jumlah yang dikonsumsi agar tidak sampai 250 miligram.

- Kapsaicin

Mengonsumsi tanaman sejenis cabe ini juga memiliki efek untuk mengatasi nyeri.

- Relaksasi

Relaksasi selama 10-30 menit yang dilakukan 2 kali dalam seminggu selama 12 minggu dikatakan mampu menurunkan tingkat stres dan kecemasan yang berujung pada menurunkan gejala sakit kepala. Relaksasi ini menggunakan metode Jacobson’s Progressive Muscle Relaxation atau PMR, yaitu sebuah metode relaksasi untuk menurunkan ketegangan otot. Pada awal terapi, pasien akan dianjurkan untuk berbaring, menutup mata, dan mencoba untuk bersantai, tanpa memikirkan masalah apa pun. Jangan mencoba untuk memecahkan masalah. Di luar sesi dengan terapis, pasien dianjurkan untuk menerapkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari.

- Akupunktur

Akupunktur banyak dianjurkan sebagai salah satu terapi dalam penanganan sakit kepala, khususnya tipe TTH (tension type headache). Pada penelitian Linde dkk. dikatakan bahwa pada 50% pasien yang mendapatkan terapi akupunktur yang benar merasakan bahwa gejala sakit kepalanya berkurang. Namun, berhati-hatilah menggunakan pemilihan jenis terapi ini. Sebab, saat ini banyak jenis akupunktur ditawarkan dan beberapa di antaranya bukan teknik akupunktur sebenarnya alias palsu. Untuk mendapatkan teknik akupunktur yang benar, Anda dapat menghubungi dokter spesialis akupunktur.

Bila keluhan masih menetap, anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan obat pengganti selain Tramadol.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar