Sukses

Anak Sering Berkeringat Saat Tidur

02 Dec 2016, 14:25 WIB
Pria, 4 tahun.

DOK ANAK SAYA TIDUR MALAM SERING KERINGATAN, DAN SERING BATUK KERING KIRA KIRA APA PENYEBABNYA DAN APA OBATNYA DOK?

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini, akan tetapi berkeringat belum tentu suatu hal yang buruk. Bahkan berkeringat sebenarnya merupakan salah satu respon normal tubuh untuk mengeluarkan panas dari dalam tubuh agar suhu tubuh dapat dipertahankan normal. Adapun proses ini diatur oleh sistem persarafan simpatis yang umumnya terkait oleh faktor lingkungan (suhu sekitar yang terlalu panas), psikologis (cemas, tegang), aktivitas (olahraga, bermain), hingga faktor genetik (keturunan).

Anda mengatakan bahwa keluhan berkeringat tersebut timbul setelah anak Anda beraktivitas. Hal ini masih merupakan hal yang wajar. Akan tetapi produksi keringat ini memang dapat terjadi secara berlebihan pada keadaan tertentu yang disebut hiperhidoris. Hiperhidrosis sendiri dapat dibagi berdasarkan luas daerah yang terkena (lokalisata atau generalisata), lokasi yang terkena (misal: hiperhidrosis palmoplantar yang terutama mengenai telapak tangan dan telapak kaki, cara mendapatkannya (keturunan atau didapat), serta berdasarkan ada/tidaknya penyakit atau kondisi lain yang menyertai (primer atau sekunder). 

Namun Anda tidak perlu khawatir. Yang mungkin terjadi adalah keluhan berkeringat pada anak Anda murni terjadi akibat faktor-faktor nonmedis di atas, seperti suhu kamar yang terlalu panas, memakai baju yang terlalu tebal dengan bahan yang tidak menyerap keringat, aktivitas, serta faktor genetik sehingga produksi keringat juga dapat ditemukan saat tidur. Pada kondisi ini, produksi keringat dapat dikurangi dengan memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan dan mengganti bahan pakaian menjadi yang lebih nyaman dan tidak terlalu tebal.

Akan tetapi, apabila keluhan tersebut timbul tanpa adanya salah satu dari faktor-faktor di atas, maka kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengevaluasi berbagai kemungkinannya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar