Sukses

Keluhan Sering Gemetar

02 Dec 2016, 05:31 WIB
Wanita, 19 tahun.

saya mahasiswi analisis kimia, saya setiap hari harus melakukan praktik analisis, tetapi setiap saya melakukan kegiatan di laboratorium, saya selalu gemetaran, bukan hanya pada saat ujian praktik tetapi pada praktik sehari-hari yang harus dilakukan dan tidak diawasi oleh instruktur. bagaimana ya dok bisa menghilangkan gemetan ini agar saya lebih leluasa untuk bekerja di laboratorium?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan dan keresahan yang Anda rasakan. Proses diagnosis membutuhkan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Perlu diketahui, sejak kapan Anda mengeluhkan tangan gemetar? Adakah pemicu munculnya keluhan tersebut seperti panik, stres ataupun kegiatan tertentu? Adakah gejala lain yang dirasakan? apakah gemetar terjadi di seluruh tangan dan lengan atau hanya bagian tertentu?

Keluhan tangan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, dan banyak lagi. 
  2. kelainan psikis seperti gugup, stres.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda. 

Untuk sementara ada beberapa tindakan yang anda dapat lakukan seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, perbanyak istirahatkan tangan biila sudah tremor, dan mengkonsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B12, B6. Jika keluhan sangat menganggu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar