Sukses

Apakah Anak Saya Alergi Susu Sapi

02 Dec 2016, 11:18 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang dok...sy gak bisa kasi ASI ke anak krn alasan medis jd sejak lahir dibantu sufor, Alhamdulillah aman hingga usia 3 bln tp 2 hari belakangan ini sepertinya diare, pupnya dikit2 tp sering kadang ijo. Pupnya agak berlendir tp mmg lg batuk pilek.Apakah ini semua gejala alergi sufor sapi dok atau krn msk angin aja?mohin penjelasannya...Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari. 

Manifestasi klinis alergi protein susu sapi (APSA) pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan sebesar 50-60 persen. Sisanya terlihat di kulit dan saluran nafas. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat hingga mengancam jiwa, seperti asma berat, udem laring, dan anafilaksis yang berakibat tidak sadar atau maut.Manifestasi pada saluran pencernaan biasanya dalam bentuk muntah, diare, dan diare berkepanjangan. 

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit untuk memastikan apakah anak anda alergi terhadap susu sapi. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter anak agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar