Sukses

Bengkak Sebelah Pada Vagina Saat Hamil

01 Dec 2016, 11:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya saat ini sedang hamil anak ke 2 dengan usia kehamilan ±21w.yg saya keluhkan awal kehamilan saya ,vagina saya aman* saja , tapi kandungan semakin besar ini kok kayak bengkak sebelah ya ? Kadang mengganggu aktifitas ini bisa disebut varises atau apa ya ? Soalnya kalau pas bengkak kayak ada otot* yg terlihat dan biasanya rasanya sakit bgt kalau duduk jongkok /bangun tidur. Kalau posisi biasa sih enggak apa* dok . Terimakasih mohon di jawab..

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pembengkakan yang terjadi pada vagina anda bisa saja merupakan salah satu gejala yang biasa terjadi pada ibu hamil. Akibat adanya perubahan hormonal dan aliran darah selama kehamilan, menyebabkan timbulnya pembengkakan pada vagina. Namun demikian, pembengkakan vagina dapat pula terjadi akibat beberapa hal lain yang perlu mendapatkan perhatian lebih, seperti :

1. Akibat hubungan seksual yang terlalu sering dan kasar.

Hubungan seksual yang kasar dapat menyebabkan terjadinya perlukaan pada dinding vagina yang menyebabkan vagina membengkak dan disertai rasa sakit. Hentikan hubungan seksual jika vagina masih bengkak. Hubungan seksual yang dipaksakan saat dinding vagina masih terluka akan menghambat proses penyembuhan luka, sehingga vagina akan terus membengkak dan terasa sakit.

2.  Adanya infeksi jamur pada vagina.

Biasanya pembengkakan vagina akan disertai dengan timbulnya keputihan yang terasa gatal.

3. Adanya infeksi bakteri pada vagina.

Biasanya pembengkakan vagina akan disertai oleh beberapa keluhan lain seperti keputihan, gatal disekitar vagina, serta iritasi di sekitar vagina.

4. Alergi.

Penggunaan beberapa benda yang digunakan saat berhubungan seksual, seperti pelumas, pengharum vagina, sabun, ataupun penggunaan  kondom dapat memicu terjadinya alergi pada daerah vagina yang ditandai dengan vagina yang bengkak, merah dan teriritasi. Hindarilah penggunaan benda-benda yang dapat memicu alergi pada vagina anda.

Periksakanlah diri anda ke dokter terdekat untuk menyingkirkan kemungkinan adanya infeksi vagina oleh bakteri ataupun jamur. Infeksi bakteri atau jamur perlu mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan terhadap kehamilan, seperti memicu terjadinya kontraksi rahim, ketuban pecah dini, bayi lahir prematur, dll.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar