Sukses

BAB Berdarah Perlukah Ke Dokter?
02 Dec 2016, 10:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya bab diikuti darah udah 2 kali dengan jarak waktu semingguan. Bab pertama lancar tanpa susah tapi di ikuti darah. Bab kedua agak susah diikuti pendarahan. Apakah saya harus konsultasi atau dibiarkan saja? Karna saya pikir darah ini di sebabkan pecah pembuluh darah di rektum

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Kami.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Seringkali buang air besar (BAB) berdarah selalu dihubungkan dengan kelainan wasir. Padahal BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (ulkus gaster/ perlukaan lambung). Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir). Bagaimanakah warna darah yang keluar saat Anda BAB?

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Gejala wasir meliputi BAB berdarah berwarna merah segar, ada benjolan di anus saat BAB, dan rasa gatal di sekeliling anus. Seorang dengan wasir disarankan untuk memiliki pola makan yang tinggi serat untuk memperlunak konsistensi feses. 

Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare).

Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir. Hipertensi (darah tinggi), obesitas (kegemukan), dan gaya hidup yang malas (tidak aktif) juga merupakan salah satu pencetus terjadinya wasir. Konsumsi alkohol dan kopi dalam jumlah banyak dan sering juga merupakan salah satu faktor pencetus.

Alkohol dapat menyebabkan penyakit hati yang pada akhirnya akan menimbulkan penyumbatan aliran pembuluh darah pada rektum atau anus, sedangkan mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan hipertensi. Keadaan dehidrasi (kekurangan cairan) dapat juga menjadi faktor penyebab. Dehidrasi dapat menyebabkan tinja yang keras dan kesulitan buang air besar. Biasanya wasir berkaitan dengan kebiasaan buang air besar yang sulit. Apakah Anda mengalami sulit BAB atau BAB keras?

Konsumsi banyak air putih dan serat akan membantu mengurangi keluhan Anda, namun jika sudah terdapat rasa nyeri dan benjolan di anus sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terdekat. Terlebih jika tidak ada kecurigaan ke arah wasir sebaiknya mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebab BAB darah Anda.

Semoga jawaban dari Kami dapat membantu Anda. Salam Sehat! (TRY)

0 Komentar

Belum ada komentar