Sukses

Pengaruh Sisa Akar Gigi Yang Tertinggal Setelah Pencabutan

01 Dec 2016, 21:54 WIB
Wanita, 46 tahun.

Selamat pagi dok.. Saya mau tanya. Kemarin saya baru zaja mencabut sisa akar gigi geraham depan yang bolong.ketika tiba dirumah saya merasa masih ada sedikit akar gigi yang belum tercabut. Pertanyaan saya : 1. Apakah pengaruh nanti kedepannya sisa akar yg sedikit ini dok? Apakah berpotensi akan menimbulkan infeksi lain atau rasa sakit lain? 2. Saya adalah ibu menyusui bayi 6bulan.. Dokter gigi saya tadi memberi saya obat 3 macam yaitu mefenamat acid, dexamethason dan ciprofloxacin..apakah saya aman untuk menfkonsumsi obat2an tsb? Apakah obat tsb berpengaruh ke asi saya? Jika iya, apakah ada saran pengganti obat lain yg aman dok bagi ibu mnyusui spti saya? Mohon bantuan jawaban nya Dok.. Terimakasih.. Salam

Halo Nindya,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Sebelum menjawab pertanyaan anda, ada beberapa yang ingin kami tanyakan. Apakah setelah pencabutan anda melihat sisa akar gigi anda yang dicabut secara utuh? Untuk melihat apakah ada sisa akar gigi yang tertinggal anda dapat melakukan foto rontgen panoramic atau periapikal. Jika sulit mendapatkan fasilitas untuk rontgen, sementara ini anda bisa memonitor luka bekas pencabutan tersebut dalam waktu 1- 2 minggu, karena bisa jadi itu hanya tepi tulang yang agak tajam. Kalau memang benar sisa akar, biasanya dapat naik ke permukaan dengan catatan sisa akar tersebut normal, tidak ada granuloma/ penyatuan tulang/ akar bengkok dan biasanya tidak terasa sakit, kecuali jika gusi di sekitar sisa akar mengalami infeksi. Pengobatan yang diperbolehkan untuk ibu hamil dan menyusui biasanya obat anti nyeri yang mengandung paracetamol dan jika ada resiko untuk bengkak boleh minum antibiotic mengandung amoxillin. Untuk obat-obatan anti radang, seperti dexamethasone sebisa mungkin tidak diberikan pada saat ibu hamil maupun menyusui. Obat antibiotic harus dihabiskan sedangkan obat anti nyeri dapat dihentikan jika sudah tidak ada keluhan rasa sakit.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar