Sukses

Batuk Karena Asma pada Anak

01 Dec 2016, 13:48 WIB
Pria, 25 tahun.

dok saya mau tanya saya punya anak usia 5 tahun sudah hampir 2 bulan batuk tak kunjung sembuh sudah diperiksakan ke dokter anak dan paru ternyata diaknosanya asma.pertanyaan saya apakah tidak ada obat yang bisa menyembuhkan batuknya atau mungkin pengobatan yang seperti apa yang saya lakukan

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (wheezing) dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan, yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari penyempitan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru. 

Faktor risiko terbesar asma adalah genetik. Faktor risiko lainnya yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah:

  • alergen (zat yang menyebakan alergi): debu, karpet, bulu binatang, polusi kendaraan
  • asap rokok
  • udara dingin
  • iritasi zat kimia
  • olahraga berlebihan
  • infeksi virus: influenza

Secara umum gejala asma adalah sesak napas, batuk berdahak dan suara napas yang berbunyi ngik-ngik atau mengidimana seringnya gejala ini timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh, hal ini karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi dan berbagai faktor lainnya.

Faktor genetik merupakan faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah dan dapat dikontrol dengan tata laksana yang tepat. Intinya adalah setiap pasien harus mengetahui secara pasti apa saja yang membuat asmanya kambuh, langkah selanjutnya adalah menghindari faktor tersebut agar tidak kambuh. 

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar