Sukses

Sensasi Pedih pada Kulit

30 Nov 2016, 23:18 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat siang Dokter.? Saya punya keluhan yaitu merasa pedih ( seperti kena cabe ) di seluruh badan, namun itu datang nya ( rasa pedih ) tidak bersamaan, misal nya pedihnya di t di tangan antara jari tangan sampai siku, beberapa saat pedih nya hilang dan beralih ke yg lainnya seperti daun telinga, lutut, paha dan perut.? Sebelumnya kalau merasa perih seperti yang saya sebutkan di atas, kalau dibawa makan maka hilang pedih/perih nya, namun untuk sekarang datang lagi perih nya.. Kalau seperti itu gejala apakah itu dokter, mohon untuk penjelasan nya.?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Sensasi pedih yang Anda alami pada kulit di berbagai bagian tubuh dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Beberapa di antaranya merupakan kondisi yang tidak serius dan dapat menghilang dengan sendirinya. Sedangkan sebagian lainnya bisa menjadi serius dan membutuhkan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Kecemasan. Jika seseorang cemas, kulit menjadi lebih sensitif.
  2. Obat-obatan dan racun. Beberapa jenis obat dan racun dapat mengiritasi saraf sehingga mengubah persepsi otak terhadap stimulus (rangsang), salah satunya berupa sensasi pedih pada kulit.
  3. Trauma akibat radiasi, gigitan serangga, paparan sinar matahari, dan luka bakar membuat kulit kemerahan, hangat, dan membengkak. Ini akan membuat kulit terasa perih.
  4. Alergi. Reaksi alergi pada kulit dapat dirasakan sebagai sensasi pedih.
  5. Kontak dengan tanaman tertentu dapat membuat kulit terasa pedih. Contohnya ialah poison ivy dan kapsaicin dalam merica.
  6. Terdapat penyakit kulit seperti dermatitis kontak, eksim, urtikaria (kaligata/biduran), dan psoriasis.
  7. Paparan berlebihan terhadap sinar matahari (sunburn).
  8. Neuropati perifer di mana saraf-saraf terganggu akibat adanya infeksi, tumor, gangguan metabolik seperti diabetes, atau racun.
  9. Kelainan saraf seperti pada multipel sklerosis.

Gejala yang Anda alami perlu dikonfirmasi dengan gejala lain yang menyertai. Karena keterbatasan informasi, kami tidak dapat menyimpulkan apa sebenarnya yang Anda alami. Kami hanya dapat memberikan kemungkinan-kemungkinan penyebab dari kondisi Anda. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter saraf terkait keluhan yang dialami. Semakin cepat semakin baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar