Sukses

Ingus Berwarna Coklat Dan Gigi Terasa Goyang

29 Nov 2016, 23:51 WIB
Wanita, 20 tahun.

tiba tiba saya terserang flu tapi aneh lendir ingus yang saya keluarkan tidak berwarna putih jernih tapi malah ingus bercampur darah lama kelamaan berubah menjadi coklat pekat. di tambah secara bersamaan gigi saya seperti goyang semua di bagian graham. tidak tau kenapa padahal saya tipe org yg rajin mengosok gigi Saya baca di artikel internet bahwa kedua hal itu ada hubungannya antara gigi terasa goyang semua dengan ingus yang berwarna coklat itu bertanda ada kanker ganas apakah itu benar dokter. Tolong beri saya solusi saya sangat takut

Halo Siti,

Kami memahami kekhawatiran anda. Berdasarkan keterangan yang anda berikan yaitu flu disertai keluhan Ingus berwarna coklat dan gigi geraham terasa goyang. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang daya tahan tubuh. Ingus dapat berubah warna menjadi coklat, karena  bercampur darah atau bercampur kotoran dari luar seperti debu. Bila tidak ada keluhan lain, dan keluhan tidak berulang, Anda tidak perlu khawatir. Keluhan ini diamati sampai 3 hari, apakah gejala terus berlanjut atau tidak. Bila ya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT.

Sedangkan gejala gigi yang terasa goyang, dugaan kami Anda menderita peradangan pada jaringan penyangga gigi (periodontitis). Biasanya penyakit ini juga disertai gejala gigi gatal dan tak lama kemudian goyang. Kemungkinan besar perjalanan penyakit yang anda alami sangat agresif, sehingga perkembangan penyakit terjadi dengan cepat oleh sebab itu dalam waktu yang singkat pasien merasa semua giginya goyang. Apakah sudah dilakukan pengambilan foto panoramik? Umumnya pasien dengan periodontitis agresif mengalami resorbsi alveolar/penyusutan tulang rahang yang cukup signifikan, dan kerusakan tulang tsb berlangsung dengan cepat.

Menurut kami tidak ada hubungannya antara gigi yang terasa goyang dengan ingus yang berubah warna menjadi coklat, dengan tanda-tanda kanker ganas. Oleh karena itu sebaiknya anda periksakan kondisi anda ke dokter spesialis perio(SpPerio), agar segera didapatkan diagnose yang akurat sehingga dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter Klikdokter .com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar