Sukses

Telinga Berdenging sangat Kencang

16 Dec 2016, 12:44 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, telinga saya tidak sengaja tertusuk dan berdarah dan berdenging sangat kencang. Setelah itu saya langsung ke dokter THT. Sama dokter cuma di masukkan perban yg sudah dikasih bethadine. Saya disuruh kontrol tapi saya tidak kontrol karena saya merasa sudah baik. Tapi 2 bulan belakangan ini telinga saya berdenging terus. Apakah dapat berhenti suara dengingnya? Apa dampak terburuk dari telinga saya? Dan apakah berpengaruh terhadap telinga yg satunya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Telinga berdenging, mendengar suara lain di kepala atau telinga tanpa adanya keterlibatan sumber eksternal dalam dunia medis disebut sebagai tinitus. Kondisi ini merupakan satu dari rangkaian gejala yang menandakan adanya kerusakan pada telinga atau saraf pendengaran di otak.

Salah satu penyebab tinitus yang paling sering ditemui adalah kerusakan sel telinga dalam. Beberapa faktor pemicu timbulnya kondisi ini adalah usia, konsumsi harian (kopi, teh, cola, rokok, garam), adanya pajanan rutin terhadap suara yang keras (earphone/headset, konser musik, dan lain sebagainya) atau konsumsi obat tertentu (aspirin, diuretik, NSAID).

Penyebab lain dari tinitus adalah:

  • Adanya kotoran terlalu banyak dalam telinga,

  • Perubahan pada tulang telinga bagian tengah,

  • Meniere’s Disease (kelainan pada telinga dalam karena tekanan cairan atau komposisi telinga dalam),

  • Trauma pada kepala atau telinga (mempengaruhi saraf atau fungsi otak yang berkaitan dengan pendengaran; umumnya tinitus karena sebab ini hanya terjadi pada satu telinga)

  • Tumor jinak pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran (acoustic neuroma; biasanya menyebabkan tinitus pada satu sisi telinga saja)

  • Kelainan pada pembuluh darah (menyebabkan tinitus yang sifatnya pulsatil atau berdenyut, termasuk tinitus objektif)

  • Stres dan depresi. Diagnosis ini merupakan diagnosis yang sangat umum jika  tes-tes atau pemeriksaan pendengaran menunjukkan hasil normal dan penyebab tinitus lain tidak dapat diidentifikasi.

Sulit bagi kami untuk menentukan sebab dari kelainan Anda tanpa didahului pemeriksaan fisik secara langsung beserta dengan penunjang yang sesuai. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokkan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar