Sukses

Keluhan Berat Badan Anak Sulit Naik

28 Nov 2016, 18:44 WIB
Wanita, 6 tahun.

dok anak saya alergi terhadap susu sapi tapi saya belum melakukan tes apa benar anak saya menderita alergi susu sapi saya hanya lihat dari kendala yg dialami saya pakek morinaga soya tapi semenjak pakek morinaga anak saya bb nya naek hanya 1 ons saya bingung dana makanan juga tidak mau mohon saran dan susu yg baik dengan anak saya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Kemungkinan ini penyebabnya, karena anak Anda lincah dan banyak beraktivitas, maka seluruh energi yang dikonsumsi terpakai semuanya, hingga tidak ada cadangan energi yang bisa disimpan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. Untuk keluhan hipertiroid, umumnya akan dialami berbagai keluhan seperti berdebar, tangan bergetar, cepat berkeringat dan penurunan berat badan

Bagaimana dengan pola makan anak Anda?  bagaimana dengan pola aktivitas anak Anda? Adakah keluhan lain yang anak Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan.

  • Istirahat yang cukup

Wajar bila anak Anda sedang aktif-aktifnya bermain dan melakukan banyak aktivitas. Kami sarankan agar Anda menambah porsi makan anak Anda, dan memeriksakan apakah ada keluhan kesehatan pada anak Anda. Adanya penyakit juga akan menyebabkan suitnya peningkatan berat badan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar