Sukses

Kulit Bayi Mengelupas dan Berair

28 Nov 2016, 06:50 WIB
Wanita, 21 tahun.

Kenapa kulit bayiku dari dia berumur 3 hari kena bintik bintik merah mengelupas dan berair.. Padahal saya sudah menjaga kebersihan..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya bayi yang baru lahir akan mengalami adaptasi. Sebelumnya, tubuh bayi berada di dalam kandungan dengan kondisi yang lembab karena adanya air ketuban. Namun demikian, setelah lahir, kulit tubuh bayi terekspose dengan udara yang relatif lebih kering sehingga kulit bayipun harus beradaptasi. Sebagian bayi memang mengalami pergantian kulit setelah lahir karena proses adaptasi tersebut terutama jika kulit bayi sering berada dalam keadaan terbuka dan terpapar udara secara langsung. Namun demikian, perubahannya biasanya tidak sampai menimbulkan gejala bintik merah dan berair. Bisa jadi itu disebabkan oleh penyebab lain seperti alergi terhadap salah satu produk bayi, alergi susu, dan penyebab lainnya. 

Untuk itu, kami menyarankan anda membawa bayi anda ke dokter spesialis anak. Dokter akan menilai terlebih dahulu apakah itu merupakan kondisi normal atau tidak. Jika tidak, dokter akan mencari apa penyebabnya dan bagaimana penanganan yang tepat untuk bayi anda. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar