Sukses

Mulas Pada Trimester Pertama, Namun Tidak Bisa BAB

26 Nov 2016, 10:24 WIB
Wanita, 26 tahun.

Sore dok Sy mau menanyakan Skr hamil ke3 ank prtm brsia 2,5th kehamilan k2 sy mnglami abortus dan hrs kuret Skr sy hamil k3 HPHT 24 oktbr 2016 Keluhannya kadang perut trsa sprti mulas tp d buat BAB tdk bs Normal kah itu untk khmiln trimester pertama dok? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah perut terasa mulas pada trimester pertama. Apakah mulas tersebut dirasakan sangat berat? Adakah keluar flek-flek darah dari kemaluan? Bagaimana dengan BAB, apakah teratur minimal 3 hari 1x dan konsistensinya tidak keras? Bila tidak terlalu berat, tidak ada keluar flek darah serta buang air besar Anda memang menjadi lebih jarang, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh buang air besar keras (sembelit). Adapun untuk mengatasi sembelit diperlukan banyak asupan serat dari buah, sayur, dan asupan air putih yang cukup.

Lain halnya bila mulas dirasakan begitu berat hingga menyerupai kram perut. Nyeri atau kram perut bagian bawah dekat vagina pada trimester pertama kehamilan merupakan suatu kondisi yang perlu perhatian lebih. Sebagian besar kasus adalah normal, namun tak dipungkiri ada beberapa penyebab kram perut yang membahayakan. Penyebab kram dan nyeri perut saat hamil trimester 1 antara lain:

  • Kehamilan ektopik

Hal ini terjadi ketika kehamilan terjadi di luar rahim atau kandungan. Gejala yang dapat muncul adalah nyeri hebat pada salah satu sisi perut bagian bawah yang disertai dengan flek-flek. Kehamilan ektopik dapat membahayakan ibu dan janin sehingga kehamilan harus diakhiri dengan cara menggugurkannya.

  • Keguguran

Nyeri atau kram perut hebat jauh lebih nyeri dari nyeri saat haid yang disertai oleh flek-flek maupun perdarahan atau bahkan bergumpal-gumpal merupakan tanda keguguran. 

  • Proses Implantasi

Saat janin menempelkan dirinya ke dalam rahim, Anda dapat merasa nyeri. biasanya nyeri dirasakan hingga usia 6 minggu.

  • Gangguan pencernaan

Meningkatnya kadar progesteron dan estrogen dalam darah menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat sehingga perut dapat terasa penuh dan kembung.

Bila Anda merasa cemas dan merasakan gejala lain selain yang kami sebutkan, sebaiknya berkonsultasilah langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara detail dan diketahui penyebab berikut solusinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar