Sukses

Sering Begadang, Apa Akibatnya?

25 Nov 2016, 19:56 WIB
Pria, 23 tahun.

Dear dokter, saya seorang pekerja yg bekerja pada malam hari, artinya saya selalu begadang. Dalam setahun terakhir saya selalu tidur diatas jam 5 pagi. Tapi jam tidur saya selalu cukup, hanya saja saya tidur di siang hari. Pertanyaan saya, 1. Vitamin atau suplemen apa yg saya butuhkan? 2. Apakah sya harus berhenti dri kebiasaan begadang yg artinya saya harus mencari pekerjaan lain. 3. Dan seberapa besar dampak begadang pada penuaan dini? Terimakasih sebelumnya atas jawabannya y dok.

 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dampak buruk dari begadang adalah kelelahan pada tubuh (fatigue). Kelelahan ditenggarai oleh terforsirnya fisik dan mental untuk bekerja melampaui kemampuan waktu biasanya.Selain itu begadang dap[at mempengaruhi kesehatan kulit, sehingga wajah Anda dapat terlihat lebih tua dikarenakan sel-sel kulit kita tidak mendapatkan cukup waktu untuk istirahat.Selain itu risiko akibat begadang menenggarai kondisi dispepsia, maag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke dan serangan jantung. Kelelahan juga mengkondisikan tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi mudah terinfeksi virus kemudian sakit. Oleh karena itu, diperlukan taktik tepat yang sehat guna mengantisipasi risiko kesehatan dari begadang. 

Simak beberapa tips sehat berikut ini untuk berkiat mengantisipasi risiko kelelahan akibat begadang.

Umumnya durasi minimum jam tidur orang dewasa adalah 6 jam dalam sehari. Pastikan Anda mencukupi jam tidur Anda yang dari yang ‘tersita’ karena begadang. Bagaimanapun tidur adalah hak bagi tubuh untuk mendapatkan jatah istirahatnya, dan Anda bertugas bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda dengan bijaksana. Jika dalam sehari jatah tidur Anda ‘berkurang’, penuhilah segera jika tubuh Anda sudah menunjukkan gejala kelelahan dan mengantuk.

  • Cukupi Jam Tidur

Asupan nutrisi ketika begadang ikut menentukan kondisi kesehatan guna mendukung begadang. Banyak orang melakukan kesalahan dengan memilih kopi, rokok dan makanan kemasan ataupun gorengan sebagai pilihan kuliner begadang. Pilihlah minuman teh dan makanan rebus. Hindari juga makanan yang tinggi akan kadar gula yang marak berasal dari makanan kemasan dan minuman bersoda. Perbanyaklah asupan cairan Anda. Terlebih lagi hindari juga rokok dan alkohol

  • Camilan & Minuman

Olahraga dianjurkan untuk persiapan jangka panjang aktivitas begadang. Manfaat olahraga rutin adalah membuat kondisi tubuh Anda menjadi berstamina dari biasanya. Dengan demikian tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik daripada tubuh yang tidak menjalani aktivitas rutin berolahraga.

  • Rutin Berolahraga

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar