Sukses

Bekas Operasi Cesar Keluar Cairan

25 Nov 2016, 15:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi dok.. Saya ani 23th. Sudah sebulan yang lalu melakukan operasi cesar dan luka suda kering tp tumbuh benjolan dan mengeluarkan cairan tp tidak berbau amis. Berbahaya nggak sih dok..bagaimana penanganannya. Karena kata dokter saya tidak perlu kontrol lagi. Terima kasih

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi sekunder, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit sistemik yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

 Untuk mempercepat penyembuhan beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Jangan terlalu banyak bergerak, perbanyak istirahat dan agar tidak banyak membawa barang berat
  2. Jaga perut anda, bila anda batuk, bersin atau tertawa pegang bagian bawah perut anda. 
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Selalu berhati-hati agar bila terjadi infkesi yaitu bila luka bernanah, badan demam, atau perasaan nyeri pada luka. 

Mengenai apakah cairan bening tersebut, kami tidak dapat memastikannya tanpa melihat secara langsung, oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mendapatkan terapi yang optimal. Luka yang terinfeksi biasanya memiliki ciri awal yang ditunjukan adalah luka tidak kunjung mengering ditandai rasa gatal dan terus keluaran cairan bening dari luka tersebut. Jika luka tidak ditangani semakin lama cairan bening tersebut akan berwarna kuning mengandung nanah dan darah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar