Sukses

Keputihan Terasa Gatal

25 Nov 2016, 10:55 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya saya suka keputihan suka gatal sebelum atau sesudah haid tapi keputihan itu memebuat saya risih dok solanya keputihan nya kadang suka bau itu sepertinya efek saya kalo abis buang air kecil gak pernah dilap kemaluannya nah saya kan pake air rebusan daun sirih lalu diminum sedikit sih 2kali minum sama dipake buat cebok *maaf dok .lalu keluar tuh si keputihannya banyak banget jadi ngegumpan mungkin efek 0ake celana ketat terus gak langsung ganti celana soalnya itu posisi lagi kerja dok gmna dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Apakah selain keputihan Anda merasakan gejala lainnya, seperti:
- rasa gatal pada kemaluan
- rasa terbakar pada kemaluan
- bau amis atau bau ikan busuk pada keputihan
- keputihan yang bergumpal atau berbusa

Apabila memang ada keluhan seperti yang saya sebutkan di atas maka kemungkinan ini adalah keputihan yang patologis. Keputihan yang fisiologis adalah keputihan yang berwarna bening, tidak terlalu banyak, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak panas.

Untuk menjaga agar keputihan tidak datang kembali, gunakanlah pakaian dalam yang kering, gantilah pembalut atau pantyliners tiap tiga-empat jam sekali, cebok dengan arah depan ke belakang, dan selalu keringkan.

Keputihan yang terjadi akibat infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya. Keputihan yang gatal dan berwarna putih susu biasanya disebabkan oleh jamur. . Apabila keputihan ini berlanjut dan ada tanda-tanda yang saya tanyakan di atas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar