Sukses

Sesak Nafas Pada Dewasa Muda

25 Nov 2016, 11:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam, dok. Saya merupakan seorang remaja yang memiliki keluhan sbb: 1. Sesak nafas Setiap bernafas tidak bisa loss, seperti ada penghalang saat ingin menarik nafas panjang. Sesak nafas ini membuat saya tidak bisa menguap dengan lega. 2. Jantung berdetak kencang dan dengan irama yang cepat Detak jantung tersebut terkadang bisa terdengar oleh saya sendiri dengan sangat jelas dan terkadang juga membuat badan saya ikut bergerak seirama dengan detak jantung saya. 3. Keseimbangan Saya juga sering merasa kesulitan menjaga keseimbangan, terutama saat dari posisi tidur atau jongkok ke posisi berdiri. Seringkali saya merasa hampir jatuh, pandangan saya kabur, dan pusing di kepala. Saya juga pernah terjatuh saat keadaan tersebut, namun saya tidak merasakan sakit saat jatuh. Bisa dibilang saya tidak menyadari jika saya jatuh, tiba-tiba saja saya sudah dalam posisi terjatuh. 4. Nyeri Sering merasakan nyeri di punggung. Nyeri tersebut berpindah-pindah tempat. Terkadang di tengah-tengah (antara dua tulang belikat), terkadang di sebelah kiri belikat, dan terkadang pula di sebelah kanan belikat. Terkadang juga saya merasakan nyeri di dada saat bernafas. 5. Telapak tangan Warna telapak tangan saya terkesan pucat dan terlihat kurang merah, sangat berbeda jika dibandingkan dengan teman-teman saya. 6. Kesemutan Di waktu-waktu tertentu, saya sangat sering mengalami kesemutan. Kesemutan tersebut rasanya berbeda dibanding ketika saya mengalami kesemutan saat masih anak-anak. Kesemutan ini sampai membuat otot kaki saya sangat lemah dan tidak bisa berjalan dalam beberapa menit. Saya sudah pernah melakukan tes EKG dan di hasilnya tertulis “Short PR interval”. Maksud dari tulisan itu bagaimana ya, dok? Sebelumnya saya juga pernah rontgen paru-paru dan hasil menunjukkan saya mengalami bronkitis namun dalam tahap yang masih ringan. Namun saya merasa keluhan yang saya sebutkan ini bukan merupakan penyakit bronkitis karena saya sangat tersiksa saat bernafas dan saya tidak mengalami batuk sama sekali. Selama ini saya hanya mengkonsumsi obat sublingual Isosorbide Dinitrate untuk mengurangi rasa sesak di dada saya. Nafas saya terasa sedikit lega tiap setelah meminum obat tersebut. Selain itu saya juga mengkonsumsi obat-obatan herbal seperti habbatussauda, madu, minyak zaitun, dan minyak ikan. Apakah keluhan saya ini memang penyakit jantung, dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran Anda, oleh karena itu ijinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai sesak napas. 

Definisi :

Perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Penyebabnya banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Namun sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawat daruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Berdasarkan keterangan yang kami berikan, kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda?  Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Oleh karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami.

Peningkatan enzim jantung dapat mengarah adanya penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) terutama disebabkan oleh proses aterosklerosis / pembentukan plak dalam pembuluh darah arteri koroner yang merupakan pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan darah ke otot jantung. Gejalanya berupa nyeri dada di sebelah kiri seperti tertindih benda berat.

Nadi tinggi yang Anda maksud maksudnya apakah jantung berdebar? Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

 

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.
  2. Latihan fisik yang terlalu berat.
  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.
  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.
  6. Obat-obat pelangsing, asma.
  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.
  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.
  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar