Sukses

Pemeriksaan Untuk HIV AIDS

25 Nov 2016, 11:04 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya telah melakukan Tes hiv di salah satu rs umum dan hasilnya Non reaktif.Tes ini saya lakukan pada tgl 22 november 2016 dari waktu saya melakukan tindakan beresiko yaitu 27 juni 2016(Jadi ada jarak sekitar 4 bulan 25 hari).pertanyaan saya dok: 1)Apakah benar menurut ketentuan depkes bahwa saya benar benar negatif dari Hiv karena sudah lebih dari 3 bulan ? 2)Ketika saya selasai menerima hasil saya di beritahu untuk kembali 3 bulan lagi untuk di tes ulang dok jadi sekitar 22 febuari 2017.tapi menurut informasi yang saya dapat selami ini bukannya seharusnya saya kembali tes setelah 6 bualn dari tindak beresiko yaitu sekitar 27 desember 2016 agar pas 6 bulan dari tindakan berisiko dok ? tapi kok petugas kesehat ini tambah menyuruh saya kembali 8 bulan setalah tindakan berisiko dok padahal saya sudah menjelaskan kalau tes yang saya lakukan ini sudah 4 bulan 25 hari dari waktu saya melakukan tindakan beresiko ? mana dok ini yang benar ? \

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

HIV (Human Imunodeficiency Virus) merupakan suatu infeksi virus yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh dengan mengahancurkan sel darah putih khusus untuk pertahanan tubuh. AIDS merupakan penyakit akibat virus HIV. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Gejala awal umumnya tidak spesifik berupa demam, sakit kepala, penurunan berat badan, gejala mirip sakit flu. Namun pada tahap lanjut akan terjadi infeksi pada berbagai organ seperti otak, paru dan organ lain.

Hingga saat ini status HIV seseorang tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi fisiknya saja, kendati penderita HIV sering mengeluhkan sariawan yang terus kambuh. HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt.

Tes HIV dapat dilakukan di berbagai jasa layanan kesehatan terkemuka seperti klinik dan atau rumah sakit yang dilengkapi dengan laboratorium. Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat mengakses layanan direktori Rumah Sakit KlikDokter,  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar hal ini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar