Sukses

Penyebab Banyak Benjolan di Leher

25 Nov 2016, 13:55 WIB
Wanita, 30 tahun.

Halo dok, Tahun 2006 sy didiagnosa punya penyakit gondok dalam (sudah dirontgen). Ibu dan tante saya jg punya gondok dalam dan luar. Kata dktr A, harus dioperasi, kata dktr B jangan dioperasi karna benjolannya masih kecil, takut kena pita suara. Setelah itu seingat sy, sy tdk pernah minum obat apapun. Di leher bagian kanan, hampir dekat bagian belakang leher, timbul benjolan sebesar kacang tanah yg kalo diraba kenyal dan bergeser2. Saya tdk merasakan efek apapun dari benjolan itu. dan setelah 10thn berselang ini, benjolan itu tdk membesar (puji Tuhan). Nah, tadi sy merasa agak sakiy/pegel di bagian sekitar benjolan tadi, setelah sy raba/tekan2 sedikit, ternyata muncul 2 benjolan baru yg sama ciri2nya dengan yg pertama Pertanyaan saya, penyakit apakah ini? sy tdk sakit batuk apapun (puji Tuhan).

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Dimanakah lokasi pasti benjolan? berapakah kira-kira ukuran benjolan? apakah benolan dapat digerakkan? apakah disertai nyeri? panas ?

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak. 

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar